Teknik Pertambangan

Apa itu teknik pertambangan?

download (1)

Pertambangan adalah salah satu disiplin ilmu keteknikan yang mempelajari tentang genesa bahan galian, endapan bahan galian, mineral-mineral bahan galian, eksplorasi, produksi (penambangan dan pengolahan bahan galian).

Teknik pertambangan akan mempelajari ilmu seperti mekanika batuan, mekanika tanah, teknik pemboran, teknik peledakan, genesa bahan galian, pengolahan bahan galian, geologi, pompa dan kompresor, ventilasi tambang, tambang terbuka, tambang bawah tanah, rekayasa lingkungan tambang, alat berat dll.images

Untuk dapat maksimal dalam industri pertambangan sedapat mungkin sebelum memasuki industri hendaknya kita memiliki keahlian disalah satu bidang dengan ditunjukkan bukti formal berupa sertifikat hasil kursus keahlian. Seperti kursus juru ledak, kursus bor master, kursus keselamatan kerja dll.

Dalam Teknik Pertambangan, pendidikan ditekankan pada kemampuan analisis maupun praktis (terapan) untuk tujuan penelitian maupun aplikasi praktis.

Pada umumnya untuk bekerja di industri pertambangan tidak hanya mempekerjakan orang-orang yang memiliki disiplin ilmu pertambangan tapi juga disiplin ilmu lainnya terutama displin ilmu keteknikan.

Apa sajakah ruang lingkup industri tamatan teknik pertambanagan?
Sarjana teknik pertambangan akan memiliki disiplin ilmu yang berguna bagi industri pertambangan (eksplorasi dan produksi), selain itu juga dapat bekerja di bidang perminyakan di beberapa divisi yang relevan seperti pemboran. Dibidang air tanah untuk penyuplai kebutuhan air mineral seperti perusahaan aqua juga dibidang yang relevan seperti pemboran. Di departemen sumber daya dan energi.

Mengingat umur suatu industri pertambangan biasanya mampu mencapai puluhan bahkan ratusan tahun, maka bekerja di industri pertyambangan dapat dikatakan menjanjikan. Apalagi dengan mulai dibukanya industri pertambangan baru diseluruh tanah air. Juga disokong dengan dimulainya pertambangan panas bumi (geothermal) yang sudah mulai di eksplorasi.

Di indonesia saat ini umumnya industri pertambangan kita mayoritas masih dikuasai asing, baik dari owner, para ahli maupun pekerjanya. Untuk itu ini adalah cambuk bagi kita untuk mempersiapkan diri mengambil alih semuany dan mengelola kekayaan sumber daya alam oleh tangan kita sendiri, bukan lagi orang lain.

Prospek Lulusan Teknik Pertambangan
Sarjana teknik pertambangan di Indonesia umumnya dibutuhkan pada bidang :

  1. Pemerintahan (Departemen Pertambangan dan Energi, Departemen Dalam Negeri, Departemen Perdagangan, Perbankan, Departemen Perindustrian, dan sebagainya)
  1. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) (Pertamina, Perum Gas Negara, PLN, PT. Timah, dll)
  1. Perusahaan swasta (Persero batubara, PT. Aneka Tambang, Mobil Oil, UNION OIL Indonesia, PT. INCO, PT. Semen Tonasa, PT. Bosowa Mining, PT. Hemako, PT. Freeport, PT. Berau Coal, PT. KPC (Kaltim prima coal), PT. Arutmin, PT.SYS, PT.NAL, PT FREEPORT, PT.Adaro, PT.asaba, PT.ANTAM(aneka tambang), PT. Bukit Asam, PT. NEWMONT, PT.Semen Padang, PT.Bumi resources, PT. G-RESOURCES. PT. Tambang Aspal Butonb KODECO dan sebagainya)
  2. Wiraswasta (Lulusan Teknik Pertambangan dapat berwiraswasta dalam perusahaan pemboran air tanah, minyak dan gas bumi)
  1. Akademisi dan Lembaga Penelitian (dosen pada peguruan tinggi negeri maupun swasta, LIPI, BPPT, dll)

sumber:

http://argi-saputra.blogspot.co.id/2013/01/prospek-kerja-teknik-pertambangan.html