Teknik Kimia

Sebagian besar peluang dan prospek kerja Teknik Kimia identik dengan perusahaan gaji tinggi. Setelah wisuda para lulusan lebih banyak mencari pekerjaan di perusahaan besar swasta atau BUMN daripada pegawai negeri/PNS. Peluang selalu ada baik untuk yang fresh graduate maupun yang sudah mempunyai penglaman, minimal adalah kerja praktek. Apalagi kisaran gaji untuk lulusan teknik kimia yang terbilang besar antara 5 sd 10 juta untuk awal mula recruitment. Tentu ada tempat kerja favorit yang diinginkan dari jurusan teknik kimia. Biasanya di perminyakan Cevron, pabrik makanan Indofood, Nestle dsb. Berikut ini beberapa pilihan peluang kerja bagi lulusan Teknik Kimia

Fast Moving Consumer Goods  (FMCG)

prospek teknik kimia unilever


Tempat ini menjadi salah satu pekerjaan favorit sarjana Teknik Kimia, karena dinilai dapat memberikan business sense yang tinggi saat menekuni di beberapa posisi pekerjaan FMCG. Benefit dari segi salary yang relatif tinggi juga menjadi alasan masuk ke FMCG, ditambah dengan career path yang baik pula. Skill baru seperti supply chain management, sales & marketing juga menjadi tantangan tersendiri bagi sarjana Teknik Kimia.

Contoh  perusahaan anatara alin Nestle, Unilever, P&G, Johnson & Johnson, LOreal, KAO, dan masih banyak juga perusahaan FMCG lokal, seperti Orang Tua (OT), dan lain-lain. Range salary nya 5-8 juta rupiah per bulan

Perusahaan Oil & Gas 

prospek teknik kimia pertamina


Prospek kerja Teknik Kimia di bidang perusaan oil dan gas sangat menjanjikan karena dinilai memberikan benefit yang tinggi baik dari segi salary, maupun dari segi training quality. Career development yang cukup baik juga menjadi alasan orang memilih pekerjaan di Oil & Gas. Alasan kekompleksan proses industri dan keunggulan teknologi di Oil & Gas juga menjadi tantangan tersendiri bagi sarjana Teknik Kimia.

Beberapa perusahaan oil dan gas antara lain: Exxon Mobil, BP, ConocoPhillips, Total, Chevron, Vico, Premier Oil, Pertamina, Medco, Schlumberger, Halliburton, Baker Hughes, dan masih banyak lagi.

Petrokimia
Petrokimia dinilai cukup menarik bagi sarjana Teknik Kimia sebab dunia Petrokimia juga dinilai erat kaitannya dengan studi pendidikan kurikulum sarjana Teknik Kimia. Proses di bidang petrokimia banyak melibatkan proses pencampuran, proses pemisahan, dan proses konversi kimia yang erat kaitannya dengan pendidikan sarjana Teknik Kimia. Ilmu Teknik Kimia sangat terpakai di bidang pekerjaan ini, seperti analisis kolom distilasi, analisis reaktor sintesis, analisis kolom absorber, trouble shooting, pengolahan limbah, dan banyak lagi.

Bidang industri pupuk urea dan amonia menjadi peluang bagus. Beberapa perusaahan  antara lain adalah Pupuk Sriwijaja, Petrogres, Pupuk Kaltim, Candra Asri, Trypolita, dll. Range Salary: 6-10 juta rupiah per bulan.

Chemical Industry
Chemical Industry juga dinilai berhubungan langsung dengan pendidikan sarjana Teknik Kimia. Hal tersebut menjadikan bidang ini juga menjadi favorit. Apalagi berhubungan dengan chemical.
Contoh perusahaan favorit sarjana Teknik Kimia adalah Nalco, Cognis, Givaudan, Lautan Luas, dan masih banyak lagi. Range Salary: 4-8 juta rupiah per bulan.

Engineering, Procurement, Construction, and Commissioning (EPCC)
EPCC dinilai cukup menarik bagi sarjana Teknik Kimia karena bidang pekerjaan ini sangat erat kaitannya dengan bidang studi sarjana Teknik Kimia yaitu perancangan pabrik kimia, atau chemical plant design. Perusahaan EPCC dinilai akan memberikan kesempatan yang besar bagi sarjana Teknik Kimia untuk mengasah ilmu keprofesian. Di bidang ini, sarjana Teknik Kimia akan diminta mengurusi PFD, P&ID, analisis NME, sizing peralatan proses pabrik, merancang proses kimia, trouble shooting, dan banyak lagi.

Perusahaan favorit EPGC anatar lain adalah KBR, Saipem, Technip, Rekayasa Industri, IKPT, Tripatra, Pasadena Engineering, dan masih banyak lagi.

DAFTAR PT YANG MEMPUNYA JURUSAN TEKNIK KIMIA

Daftar Akreditasi Jurusan Teknik Kimia pada Perguruan Tinggi di Indonesia (PTN dan PTS) untuk program S1 sebagai berikut :

sumber: badan akreditasi nasional

Perguran Tinggi Peringkat
Univ. Indonesia (UI), Jakarta A
Inst. Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya A
Univ. Pemb. Nasional Veteran (UPN) Jawa Timur, Surabaya A
Inst. Teknologi Bandung (ITB) A
Univ. Syiah Kuala, Banda Aceh A
Univ. Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta A
Univ. Diponegoro (UNDIP), Semarang A
Univ. Sriwijaya (UNSRI), Palembang B
Univ. Setia Budi Surakarta B
Univ. Muslim Indonesia, Makassar B
Inst. Teknologi Medan (ITM) B
Univ. Jayabaya, Jakarta B
Inst. Teknologi Indonesia (ITI), Jakarta B
Univ. Pemb. Nasional Veteran (UPN) Yogyakarta B
Univ. Surabaya (UBAYA), Surabaya B
Univ. Sebelas Maret (UNS), Surakarta B
Univ. Katolik Parahyangan (UNPAR), Bandung B
Univ. 17 Agustus 1945 Semarang B
Univ. Katolik Widya Mandala Surabaya B
Univ. Muhammadiyah Jakarta B
Univ. Islam Indonesia (UII), Yogyakarta B
Inst. Teknologi Nasional (ITENAS) Bandung B
Univ. Riau (UNRI), Pekanbaru B
Univ. Muhammadiyah Surakarta B
Inst. Sains dan Teknologi AKPRIND, Yogyakarta B
Univ. Sumatera Utara (USU), Medan B
Univ. Bung Hatta, Padang C
Univ. Islam Syekh Yusuf (UNIS), Tangerang C
Univ. 45 Makassar C
Univ. Lampung (UNILA), Bandar Lampung C
Univ. Bandung Raya, Bandung C
Univ. PGRI Palembang C
Univ. WR. Supratman, Surabaya C
Univ. Tribhuwana Tunggadewi Malang C
Univ. Kristen Indonesia Paulus, Makassar C
Inst. Teknologi Adhi Tama (ITAT), Surabaya C
Univ. Ahmad Dahlan, Yogyakarta C
Univ. Muhammadiyah Palembang C
Univ. Sultan Ageng Tirtayasa Serang, Banten C
Univ. Jenderal Achmad Yani (UNJANI), Bandung C
Inst. Sains dan Teknologi Al-Kamal, Jakarta C
Inst. Teknologi Nasional (ITENAS) Malang C
Univ. Tamansiswa Palembang C
Univ. Malikussaleh, Lhokseumawe C
Univ. Muhammadiyah Purwokerto C
ST Teknik Industri (STTI) Turen, Malang C

sumber

http://serbamurni.blogspot.co.id/2012/03/daftar-pt-yang-mempunya-jurusan-teknik.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Teknik_kimia