Teknik Geologi

PERKULIAHAN DAN PROSPEK KERJA TEKNIK GEOLOGI

geologi

Geologi adalah ilmu untuk mempelajari Bumi, hal ini meliputi komposisi, struktur, sifat-sifat fisik, sejarah dan proses pembentukannya. Peran ilmu Geologi terutama pada upaya untuk menyelesaikan masalah sumber daya dan energi yang terus berkurang di Bumi sementara populasi manusia terus meningkat.

Teknik Geologi adalah suatu ilmu yang mempelajari dan mengembangkan pengetahuan yang berkaitan dengan kebumian seperti, bentuk muka bumi, material penyusun bumi, berbagai jenis dan bentuk batuan, sifat fisika dan kimia, proses pembentukan dan sejarah bumi serta geologi terapannya seperti Geologi Minyak dan Gas Bumi, Geologi Teknik, Hidro Geologi, Geologi Tata Lingkungan, Geologi Tambang dan lain-lain. Teknik Geologi berperan sebagai wahana pengkajian dan pemanfaatan sumberdaya alam (mineral, energi, dan air) serta penerapan kerekayasaan, lingkungan hidup, dan mitigasi bencana.

Cakupan studi dalam Geologi relatif luas dari Bumi itu sendiri hingga antariksa. Calon mahasiswa yang ingin menekuni jurusan ini harus memiliki pemahaman yang kuat dalam bidang sains seperti Matematika, Fisika dan Biologi.
Mahasiswa pada jurusan Teknik Geologi akan memelajari berbagai hal yang berhubungan dengan bumi sebagai obyek, dengan ruang lingkup yang luas, misalnya batuan dan mineral, minyak dan gas bumi, gunung api dan panas bumi, atau struktur bumi, gempa bumi, maupun proses dipermukaan seperti erosi, pengendapan dan perubahan lain terhadap batuan. Mahasiswa Teknik Geologi juga dibekali mengenai statistika, lingkungan, geofisika, kekuatan bahan, konstruksi, perminyakan, pertambangan, analisis, serta software-software khusus.
Di Jurusan ini mahasiswa akan banyak menjalani kegiatan Lapangan (Fieldtrip, Ekskursi, Kuliah Lapangan, dll.). Karena dalam dunia kerja nantinya, seorang ahli Geologi merupakan seorang ahli Eksplorasi, yang nantinya akan selalu turun ke lapangan.

Prospek Lapangan Kerja Lulusan Teknik Geologi

Seorang lulusan Teknik Geologi memiliki keahlian yang dapat diterapkan dalam bidang profesi yang sangat luas antara lain: rekayasa dalam penyediaan dan pengelolaan sumber daya energi (minyak bumi, batubara, panas bumi, dan sebagainya), eksplorasi sumber-sumber daya dan energi bumi, pengelolaan lingkungan (kelestarian air tanah, mitigasi gerakan tanah, penentuan lokasi pembuangan limbah, dan sebagainya), penataan; perencanaan; serta pengembangan wilayah, konstruksi (jalan, jembatan, bendungan, gedung bertingkat, bunker, terowongan, dan sebagainya), dan pengelolaan sumber daya air (pengembangan air tanah, pengelolaan mata air, pengembangan daerah aliran sungai, dan sebagainya).
Lulusan Teknik Geologi dapat bekerja di sektor pemerintah/departemen maupun swasta.
Sektor Swasta (Lembaga Swadaya Masyarakat, Konsultan, Kontraktor, Perusahaan Minyak, Perusahaan Pertambangan, Perusahaan Geoservices, Suplier, Perbankan, serta Pengembang pemukiman, dll
Sektor Pemerintah (Departemen Energi dan Sumberdaya Mineral, Menteri Negara Lingkungan Hidup, BPPT, Bappedal, Bapedalda, Departemen Dalam Negeri, LIPI, dll)
Kampus yang terdapat Jurusan Teknik Geologi

Calon mahasiswa yang ingin mengembangkan diri dan menjadi profesionla dalam Jurusan Teknik Geologi dapat memilih dan mendaftarkan di PTN / PTS yang menyelenggarakan pendidikan Jurusan Teknik Geologi, PTN/PTS tersebut antara lain
1. Institut Teknologi Bandung (ITB) Fakultas Ilmu Teknologi Kebumian (FITB)
2. Universitas Gadjah Mada (UGM)
3. Universitas Padjajaran (UNPAD)
4. Universitas Diponegoro (UNDIP)
5. Universitas Jendral Soedirman (UNSOED)
6. Universitas Sriwijaya (UNSRI)
7. Universitas Hassanudin (UNHAS)
8. Universitas Pembanguan Nasional (UPN “Veteran” Yogyakarta)
9. Universitas Trisakti
10. STTNAS Yogyakarta

Sumber