Teknik Elektro

Perkuliahan dan Prospek Kerja Teknik Elektro

teknik elektro

Pengertian Teknik elektro
Teknik elektro merupakan salah satu jurusan yang sangat diminati di universitas. Hal ini karena prospek kerja yang cukup luas bagi lulusan teknik ini. Teknik elektro ialah jurusan yang mempelajari tentang teknologi perancangan suatu sistem maupun subsistem dengan piranti elektronik yang nantinya akan bermanfaat bagi manusia karena akan memudahkan manusia dalam melakukan pekerjaan.
Umumnya, saat di universitas, teknik elektro akan dibagi menjadi 5 subjurusan yaitu :
1. Teknik listrik
Teknik listrik adalah jurusan yang mempelajari tentang energi listrik atau sumber energi yang bisa diubah menjadi listrik. Dalam jurusan ini, maka akan mempelajari tentang power, transmisi dan juga distribusi.
Lulusan teknik listrik ini biasanya akan bekerja di Indo Power, Pembangkit Listrik Negara (PLN), dan juga berbagai perusahaan swasta lainnya
 
2. Teknik kontrol
Teknik kontrol adalah jurusan yang mempelajari tentang sistem kendali dengan menggunakan instrumen elektrik dalam sistem kerjanya. Dalam jurusan ini, makaakan mempelajari sensor, sistem yang terpendam yang dapat bekerja secara real time (embedded system), robotik, dan juga penggerak atau aktuator. Lulusan teknik kontrol akan bekerja di Chevron, exxon, Pertamina, PLN.
3. Teknik komputer
teknik komputer adalah jurusan yang mempelajari tentang sistem komputer, perangkat komputer, dan juga pemrograman komputer. Umumnya, lulusan teknik komputer akan bekerja di perusahaan yang berbasis software maupun hardware.
4. Teknik telekomunikasi
teknik telekomunikasi adalah jurusan yang mempelajari tentang transmisi telekomunikasi, pengolah sinyal, dan juga jaringan telekomunikasi. Umumnya lulusan teknik telekomunikasi akan bekerja di perusahaan yang berbasis telekomunikasi seperti Telkomsel, Indosat, atau bahkan kominfo.
5. Teknik elektronika
teknik elektronika adalah jurusan yang mempelajari tentang ilmu elektronika digital seperti desain IC digital dan bahasa pemrograman seperti VHDL. Kemudian akan mempelajari tentang elektronika analog seperti komponen elektronika yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti resistor, kapasitor dan transistor. Lalu memepelajari biomedis yaitu mempelajari teknik instrumen elektronika pada bidang medis/ kesehatan manusia seperti EKG.
Subjurusan ini bisa saja berbeda setiap universitas, mungkin saja di Universitas tersebut hanya ada 2 subjurusan, atau juga hanya 3, jadi cermatilah dulu sebelum memilih suatu kampus.

Prospek Kerja Teknik Elektro

Prospek Kerja Teknik Elektro memiliki kelebihan tersendiri, salah satunya adalah lapangan pekerjaan yang mudah dicari. Seketika ini menjadikan jurusan Teknik Elektro sebagai salah satu jurusan yang paling diminati. Beberapa lapangan pekerjaan dari segala bidang dari Jurusan Teknik Elektro akan diulas sebaik-baiknya disini.
  • Kelistrikan
Sudah pasti lowongan pekerjaan pada bidang kelistrikan akan menanti para lulusan teknik elektro. Lowongan pekerjaan yang berada di kategori ini ada PLN milik negara, maupun perusahaan telekomunikasi yang biasanya membutuhkan seorang ahli elektro dalam mengembangkan jaringannya dengan memperbanyak tiang-tiang thower penguat sinyal.
  • Pemerintah
Seperti yang telah disebutkan di atas, PLN merupakan perusahaan listrik negara yang sangat banyak membutuhkan para lulusan elektro. Lalu ada Telkom yang merupakan perusahaan telekomunikasi milik pemerintah yang pastinya akan selalu membutuhkan lulusan teknik elektro setiap saat.
  • Perusahaan
Banyak perusahaan-perusahaan selain yang telah disebutkan di atas yang memerlukan tenaga sarjana/diploma teknik elektro. Para perusahaan tersebut umumnya membutuhkan orang yang ahli dalam mengawasi atau mengatur sistem kelistrikan pada kantor atau gedung-gedung lain miliknya. Hal ini tentu saja menjadi peluang kerja bagi para lulusan teknik elektro.
  • Pendidik
Menjadi seorang guru atau dosen untuk mengajar mata pelajaran/kuliah elektro dapat menjadi salah satu Prospek Kerja Teknik Elektro. Selain itu, anda dapat membuka kursus perbaikan barang-barang elektronik maupun perangkat mobile semacam handphone, laptop dan tablet sebagai pekerjaan mandiri yang pasti sangat menjanjikan.
  • Telekomunikasi
Berperan sebagai Netwerk Planner / Engineer, Telepon Software Engineer, perancang dan implementor produk produk perangkat keras dan lunak telekomunikasi / internet, konsultan pada berbagai industri yang menggunakan telekomunikasi dan internet, Manajer Proyek Sistem Informasi / Teknologi Informasi, Manajer pengembangan produk dan layanan telekomunikasi.
Banyak lapangan pekerjaan yang diperuntukan bagi sarjana maupun diploma jurusan Teknik Elektro. Dengan kemampuan yang anda miliki untuk mempelajari tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan elektro, maka lapangan pekerjaan apapun dapat anda pilih. Sekian penjelasan tentang Prospek Kerja Teknik Elektro, semoga dapat membantu bagi anda yang membutuhkan informasi mengenai jurusan teknik elektro.
Jika anda ingin masuk kedalam jurusan ini,maka sebaiknya anda belajar dengan tekun materi pelajaran Matematika dan juga Fisika anda, karena jika anda kurang menguasainya, maka anda akan susah masuk kedalam jurusan ini.
Daftar Universitas yang memiliki jurusan Teknik Elektro

1.      Inst. Teknologi Bandung (ITB)
2.      Inst. Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
3.      Univ. Diponegoro (UNDIP)
4.      Univ. Gadjah Mada (UGM)
6.      Univ. Andalas(UNAND)
7.      Univ. Brawijaya
5.      Univ. Indonesia (UI)
8.      Univ. Hasanuddin (UNHAS)
10.    Univ. Lampung (UNILA)
9.      Univ. Jend. Soedirman (UNSOED)
11.   Univ. Malikussaleh
12.   Univ. Mataram (UNRAM)
15.   Univ. Sultan Ageng Tirtayasa Serang
13.   Univ. Sam Ratulangi
14.   Univ. Sriwijaya (UNSRI)
16.   Univ. Sumatera Utara (USU)
17.   Univ. Syiah Kuala
19.   Univ. Udayana (UNUD)
18.   Univ. Tanjungpura (UNTAN)

sumber:

http://e-jurusankuliah.blogspot.co.id/2013/10/prospek-kerja-teknik-elektro.html

http://kuliahpedia.blogspot.co.id/2014/09/prospek-kerja-teknik-elektro.html