Kategori
Tanpa kategori

Sidang Penentuan Akhir (pantukhir) Akpol

Halo semuanya selamat berjumpa kembali bersama saya sidogol. Hari ini saya mau jelasin ke kalian semua calon taruna Akademi Kepolisian mengenai tahap sidang penentuan Akhir (pantukhir) tingkat daerah. Sidang ini dilakukan di polda penerimaan masing-masing daerah.

Sidang pantukhir ini nantinya akan diranking berdasarkan nilai-nilai yang sudah didapatkan, mulai dari Nilai Psikologi, Nilai Jasmani, Nilai akademik dan nilai Kesehatan. Setiap tahun mengalami perubahan untuk masing masing bobot yang dipakai. Untuk tahun 2021 memiliki bobot Akademik (40%), Psikologi (35%) dan Jasmani (25%).

Contoh
Saya memiliki Nilai Akademik 78, Psikologi 81 dan Jasmani 82. Maka perhitungannya adalah (78×40%)+(81×35%)+(82×25%)= 80.05 . Berarti Nilai Akhir Saya adalah 80.05.

Setelah diketahui nilai akhir seluruh taruna. maka akan diurutkan berdasarkan nilai Akhir calon taruna dan nilai akhir calon taruni. Taruna dan taruni dibedakan karena memiliki kuota masing-masing. Kemudian diumumkan jumlah taruna yang akan diberangkatkan ke Akademi Kepolisian untuk mengikuti tahapan tes tingkat pusat.

Sekali lagi saya ingatkan untuk rekan rekan calon taruna ditahap ini merupakan tahap yang paling menentukan. karena beda nilai sedikitpun akan berakibat pada berangkat/tidaknya ke Akademi Kepolisian. Untuk itu manfaatkan waktu untuk berlatih semaksimal mungkin. Buat strategi untuk memaksimalkan nilai yang harus diperoleh. Pahami betul nilai dan bobotnya sehingga kalian bisa lebih fokus ke bobot yang paling besar untuk mendongkrak nilai kalian.

Kalian akan diberikan waktu kurang lebih seminggu untuk mempersiapkan perihal apa saja yang harus dibawa. Berkas yang kurang akan diingatkan juga. Saya sarankan untuk bapak/ibu orang tua untuk menjaga betul calon taruna(dipingit) gaboleh kemana mana seperti pengantin baru aja. Dijaga betul jangan sampai hal-hal kecil dapat mempengaruhi calon taruna sebelum keberangkatan. Minta doa kepada orang tua, saudara, guru dan teman-teman kalian. Disana kalian akan dikumpulkan jadi satu dalam satu flat. Kalian akan sulit berkomunikasi dan bertemu dengan orang tua kurang lebih 1 bulan lamanya. apabila kalian diterima maka akan diberikan kesempatan bertemu kurang lebih 3 jam sebelum berangkat ke magelang.

Demikian postingan kali ini. Mohon untuk komentar dan likenya rekan-rekan guna perbaikan kedepannya. Bagi rekan-rekan yang ingin request postingan apa yang ingin kalian ketahui bisa sampaikan juga ya terutama yang berkaitan dengan Akademi Kepolisian, sekolah kedinasan dan perguruan tinggi. Tetap semangat dan keep fighting!

Bagi rekan-rekan yang ingin soal-soal Psikotes, Akademik dan PMK seleksi Akpol bisa kontak melalui email 53dennyhs@gmail.com atau instagram @dennyhs_53

Kategori
Tanpa kategori

PEMERIKSAAN ADMINISTRASI AKHIR (POLDA)

Selamat pagi rekan-rekan semua. Gimana hasil tes Akpol Kalian? amankan? semoga selalu diberikan yang terbaik untuk kalian. Apapun hasilnya tetaplah bersyukur jadikan kegagalan sebagai pembelajaran dan jadikan kesuksesan untuk sarana kita dekat kepada tuhan. Jadilah pribadi yang baik apapun profesi kalian, gunakan ilmu yang kalian miliki untuk mengabdi kepada masyarakat dengan ikhlas agar dapat pahala dari Allah SWT.

Hari ini saya mau bahas tentang pemeriksaan Administrasi Akhir di tingkat Polda. Rikmin Akhir tidak serepot waktu rikmin awal, di rikmin akhir ini calon taruna hanya perlu melengkapi berkas-berkas yang dianggap kurang oleh panda. Karena berkas tersebut akan dikirim ke panitia pusat di Akademi Kepolisian apabila taruna lolos ke tahap penerimaan anggota polri tingkat panpus.

Apa saja yang diperiksa pada tahap ini?

yang diperiksa pada tahap ini adalah keaslian Akta kelahiran, Ijazah (SD,SMP,SMA), KTP, KK, SKCK dan berkas lainnya dengan pengecekan ke instansi-instansi terkait yang mengeluarkan. saya sangat menyarankan kepada rekan-rekan calon anggota polri untuk tidak menggunakan ijazah palsu dalam mendaftar menjadi anggota polri, karena hal ini tersbut termasuk tindak pidana pasal 263 dan 264 KUHP tentang pemalsuan surat. Hal ini beneran terjadi saat proses seleksi akpol tahun 2017. Niat menjadi anggota polri eh malah dibui, kan ga lucu ya.

Selain pemeriksaan keaslian juga diperiksa seperti umur calon pendaftar apakah memenuhi syarat dan kesesuaian berkas yang satu dengan yang lainnya. Di periksa tinggi badan dan berat badan ulang untuk memastikan saja. Domisili juga diperiksa karena harus sesuai pendaftar dengan KTPnya. setelah itu adalah nilai Ujian Nasional dengan ketentuan tidak ada nilai ujian yang berada dibawah 5. Namun untuk tahun 2020 dan 2021 itu sudah tidak ada ujian nasional jadi mungkin aturannya sudah berbeda.

Kemudian di Rikmin akhir ini seluruh calon taruna mengumpulkan berkas sebanyak 4 rangkap. Apa saja berkasnya? bisa dilihat postingan di Rikmin Awal disitu sedang diterangkan berkas apa saja yang wajib dimiliki. Saya menyarankan untuk berkas dibuat minimal 8 rangkap, jadi ketika kalian ke dukcapil, kelurahan atau instansi apapun kalian siapkan 8 fotokopi yang mau dilegalisir kalian minta ke petugasnya bahwa berkas ini untuk daftar akpol. pasti mereka paham. Jadi apabila diperluin secara tiba-tiba ada berkas cadangan.

Pemeriksaan administrasi akhir ini sangat cepat, tidak banyak nunggu seperti tes kesehatan, psikologi dan akademik.

Demikian postingan kali ini. Mohon untuk komentar dan likenya rekan-rekan guna perbaikan kedepannya. Bagi rekan-rekan yang ingin request postingan apa yang ingin kalian ketahui bisa sampaikan juga ya terutama yang berkaitan dengan Akademi Kepolisian, sekolah kedinasan dan perguruan tinggi. Tetap semangat dan keep fighting!

Bagi rekan-rekan yang ingin soal-soal Psikotes, Akademik dan PMK seleksi Akpol bisa kontak melalui email 53dennyhs@gmail.com atau instagram @dennyhs_53

Kategori
AKPOL

JABATAN DAN TALIKUR DI AKPOL

halo semuanya, gimana kabar kalian? semoga kalian selalu diberikan kesehatan ya.. aamiin. Kali ini saya mau ngasih informasi tentang Jabatan dan tali yang dikenakannya di Resimen Korps Taruna Akademi Kepolisian. Karena banyak dari rekan rekan semua yang belom tau sebetulnya taruna yang kalian lihat itu jabatannya apa sih? yakan pasti kalian gatau. Untuk itu saya mau jelasin semua jabatan dan talikur yang dikenakan taruna Akpol.

Jabatan di Akpol itu sangat banyak sekali, ada sekitar 120 taruna yang menjabat untuk angkatan yang sedang memegang menkorps ditambah 20 taruna junior yang menjabat juga. Jadi ada sekitar 180 taruna yang menjabat dan mengenakan talikur di Akademi Kepolisian. Jadi wajib kalian tahu, karena mudah untuk dikenali. Jadi langsung aja ya.

  1. DANMENKORPSTAR

    Komandan Resimen Korps Taruna (Danmenkorps) adalah jabatan tertinggi taruna yang ada di akademi kepolisian yang membawahi seluruh taruna di Akademi Kepolisian pada saat itu. Jabatan ini menggunakan Tali kur Merah-kuning-merah dengan tiga bintang di mangkoknya yang berbentuk oval. Jabatan ini dijabat selama satu tahun masa kerja. Kalau di Universitas itu namanya Ketua BEM. Danmenkorps bertugas sebagai penanggung jawab dan penyelenggara fungsi organisasi Resimen Korps Taruna.

  2. WADANMENKORPSTAR

    Wakil Komandan Resimen Korps Taruna (Wadanmenkorpstar) adalah jabatan kedua tertinggi taruna yang ada di akademi kepolisian yang berkedudukan dibawah Danmenkorpstar dan bertanggung jawab kepada Danmenkorpstar pada saat itu. Jabatan ini menggunakan Tali kur Merah-kuning-merah dengan tiga bintang di mangkok yang berbentuk oval. Jabatan ini dijabat selama satu tahun masa kerja. Kalau di Universitas itu namanya wakil ketua BEM. Wadanmenkorpstar bertugas membantu Danmenkorpstar dalam menyelenggarakan pengendalian pelaksanaan tugas organisasi Resimen Korps Taruna, dalam batas-batas kewenangannya memimpin Resimen Korps Taruna dalam hal Danmenkorpstar berhalangan serta melaksanakan tugas lain.

  3. KALEMUSTAR

    Kepala Lembaga Musyawarah Korps Taruna (Kalemustar) adalah jabatan ketiga tertinggi taruna yang ada di Akademi Kepolisian yang membawahi seluruh taruna Akademi Kepolisian perihal Aspirasi dan masukan taruna kepada Lembaga Akademi Kepolisian. Jabatan ini menggunakan talikur warna hitam-kuning-hitam dengan tiga bintang di mangkok yang berbentuk segi-8. Kalemustar dijabat selama satu tahun masa kerja. Tugas Kalemustar adalah menampung dan menyalurkan aspirasi seluruh taruna kepada pengasuh dan ankum. Kalemustar membawahi: Sekretaris Lemustar, Lemustar Batalyon, Kepala Lembaga Musyawarah Taruna Batalyon dan Lemustar Kompi.

  4. DANYONKORPSTAR

    Komandan Batalyon Korps Taruna adalah unsur pejabat Resimen Korps Taruna yang berkedudukan di lingkungan Batalyon Taruna dan bertanggung jawab kepada Danmenkorpstar yang bertugas membantu Danmenkorpstar dalam menyelenggarakan tugas pokok di lingkungan Batalyon Taruna. Danyonkorps ada 4 yaitu Danyonkorps Tk IV (Dansen), Danyonkorps TK III, II dan I. Jabatan ini menggunakan talikur warna Kuning-merah-kuning- dengan dua bintang di mangkok yang berbentuk oval. Danyonkorps senior (Dansen) dijabat dari serah terima jabatan hingga taruna Tk IV melaksanakan Prasetya Perwira (Praspa). Danyonkorps memiliki anggota 5 dankikorps dan 14 dantonkorps.

  5. KASIOPS

    Kepala Seksi Operasional Korps Taruna (KASIOPS) adalah unsur pejabat Resimen Korps Taruna dalam bidang protokoler, hubungan masyarakat, Informasi teknologi, sosial dan budaya serta pembinaan tradisi di lingkungan Resimen Korps Taruna yang berada di bawah Danmenkorpstar. Jabatan ini menggunakan talikur warna Biru-kuning-Biru dengan dua bintang di mangkok yang berbentuk segi-5. kasieops menjabat selama satu tahun masa kerja dan membawahi Kepala Sub seksi Pembinaan dan Tradisi, Kepala Sub seksi Protokoler, Kepala Sub seksi Sosial Budaya, Kepala Sub seksi Hubungan Masyarakat, Kepala Sub seksi Informasi dan Teknologi

  6. KASETMENKORPSTAR

    Kepala Sekretariat Resimen Korps Taruna (Kasetmenkorps) adalah unsur pejabat Resimen Korps Taruna dalam bidang surat menyurat dan administrasi di lingkungan Resimen Korps Taruna yang berada di bawah Danmenkorpstar. Jabatan ini menggunakan talikur warna biru-kuning-biru dengan dua bintang di mangkok yang berbentuk segi-5. Kasetmenkorps dijabat selama satu tahun masa kerja.

  7. KASIMIN

    Kepala Seksi Administrasi (Kasimin) adalah jabatan taruna yang bertugas unsur pejabat Resimen Korps Taruna dalam bidang personalia, pendidikan, keuangan dan logistik, koperasi, pembinaan rohani dan mental serta olahraga di lingkungan Resimen Korps Taruna yang berada di bawah Danmenkorpstar. Jabatan ini menggunakan talikur warna biru-kuning-biru dengan dua bintang di mangkok yang berbentuk segi-5. Kasimin dijabat selama satu tahun masa kerja dengan membawahi: Kepala Sub seksi Personalia, Kepala Sub seksi Keuangan dan Logistik, Kepala Sub seksi Pendidikan, Kepala Sub seksi Koperasi, Kepala Sub seksi Olahraga, Pembinaan Rohani dan Mental, Taur islam, Taur nasrani, Taur katolik dan Taur hindu.

  8. SESLEMUSTAR

    Sekretaris Lembaga Musyawarah Taruna yang selanjutnya disebut Ses Lemustar adalah unsur pejabat Resimen Korps Taruna yang berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Kalemustar yang bertugas membantu Kalemustar dalam menyelenggarakan fungsi pengawasan pelaksanaan tugas di lingkungan Resimen Korps Taruna. Jabatan ini menggunakan talikur warna biru-kuning-biru dengan dua bintang di mangkok yang berbentuk segi-8. Seslemustar dijabat selama satu tahun masa kerja dengan membawahi Kepala Lembaga Musyawarah Taruna Batalyon (kalemyon) dan Lemustar Kompi (Lemki).

  9. DANYON DC

    Komandan Batalyon Drum Corps yang selanjutnya disingkat Danyon DC adalah unsur pejabat Resimen Korps Taruna dalam bidang penyelenggaraan Tradisi Drum Corps Pelopor Cendrawasih Akademi Kepolisian di lingkungan Resimen Korps Taruna yang berada di bawah Danmenkorpstar. Jabatan ini menggunakan talikur warna Kuning-merah-kuning dengan dua bintang di mangkok yang berbentuk oval dengan relief seperti instrumen bellyra . Seslemustar dijabat selama satu tahun masa kerja.

  10. DANPOLTAR

    Komandan Polisi Taruna yang selanjutnya disingkat Danpoltar adalah unsur pejabat Resimen Korps Taruna dalam bidang pengamanan internal termasuk penegakan disiplin dan ketertiban di lingkungan Resimen Korps Taruna yang berada di bawah Danmenkorpstar. Jabatan ini menggunakan talikur warna merah-putih-merah dengan dua bintang di mangkok yang berbentuk oval serta relief logo poltar . Danpoltar dijabat selama satu tahun masa kerja.

  11. KALEMYON

    Kepala Lembaga Musyawarah Taruna Batalyon yang selanjutnya disingkat Kalemyon unsur pejabat Resimen Korps Taruna yang berkedudukan di lingkungan Batalyon Taruna dan bertanggung jawab kepada Kalemustar yang bertugas membantu Kalemustar dalam menyelenggarakan fungsi pengawasan pelaksanaan tugas di lingkungan Batalyon Taruna. Jabatan ini menggunakan talikur warna Kuning-hitam-kuning dengan dua bintang di mangkok yang berbentuk segi-8 serta relief logo akpol . Kalemyon dijabat selama menjadi taruna dan bisa diberhentikan apabila pelanggaran, her dan lainnya.

  12. LEMUSTAR

    Lembaga Musyawarah Taruna Batalyon yang selanjutnya disingkat Lemustar adalah unsur pejabat Resimen Korps Taruna yang berkedudukan di lingkungan Batalyon Taruna dan bertanggung jawab kepada Kalemustar yang bertugas membantu Kalemustar dalam menyelenggarakan fungsi pengawasan pelaksanaan tugas di lingkungan Batalyon Taruna. Jabatan ini menggunakan talikur warna Kuning-hitam-kuning dengan satu bintang di mangkok yang berbentuk segi-8 serta relief logo akpol. Lemustar dijabat hingga Prasetya Prawira (praspa) dan dapat diberhentikan apabila pelanggaran, her dan lainnya.

  13. DANKIKORPS

    Komandan Kompi Korps Taruna yang selanjutnya disingkat Dankikorpstar adalah unsur pejabat Resimen Korps Taruna yang berkedudukan di lingkungan Batalyon dan bertanggung jawab kepada Danyonkorpstar yang bertugas membantu Danyonkorpstar dalam menyelenggarakan tugas pokok di lingkungan Batalyon Taruna. Jabatan ini menggunakan talikur warna Merah-Kuning dengan satu bintang di mangkok yang berbentuk oval serta relief logo akpol. Dankikorpstar ada 5 setiap batalyon yaitu Dankikorpstar A, B, C, D dan E. Untuk Dankikorps yang menjabat di batalyon TK IV (Dankisen) dijabat hingga taruna TK IV pelantikan Prasetya Prawira (praspa) sedangkan untuk Danki junior hanya masa satu tahun kerja. Nah saya menjabat sebagai Dankisen C TK IV/53.

  14. TAUR AGAMA

    Tata Urusan Agama yang selanjutnya disingkat Taur Agama adalah unsur pejabat Resimen Korps Taruna yang bertanggung jawab atas kegiatan di bidang Keagamaan di lingkungan Resimen Korps. Taur agama terdapat 4 yaitu Taur Agama Islam, Taur Agama Kristen, Taur Agama Katholik dan Taur Agama Hindu. Jabatan ini menggunakan talikur warna biru-biru dengan bentuk segi-5 dan relief logo akpol.

  15. KASUBSIE

    Kepala Sub Seksi yang selanjutnya disingkat Kasubsi adalah  unsur pejabat Resimen Korps Taruna dalam berbagai bidang di lingkungan Resimen Korps Taruna. Mulai dari bidang: Kasubsi Bintra, Kasubsi sosbud, Kasubsi Protokoler, Kasubsi Humas, Kasubsi IT, Kasubsi OR, Kasubsi Pers, Kasubsi Dik, Kasubsi Kulog dan Kasubsi Koperasi.

  16. POLTAR

    Polisi Pleton Taruna (poltar) adalah unsur pejabat Resimen Korps Taruna dalam bidang pengamanan internal termasuk penegakan disiplin dan ketertiban di lingkungan Resimen Korps Taruna yang berada di bawah Danpoltar. Jabatan ini menggunakan talikur warna Kuning-putih-kuning dengan satu bintang di mangkok yang berbentuk oval serta relief logo poltar. Jabatan poltar ini sampai praspa.

  17. DANTONKORPS

    Komandan Pleton Korps Taruna yang selanjutnya disingkat Dantonkorpstar adalah unsur pejabat Resimen Korps Taruna yang berkedudukan didalam pleton dan bertanggung jawab kepada Dankikorpstar yang bertugas membantu Dankikorpstar dalam menyelenggarakan tugas pokok di dalam pleton Taruna. Jabatan ini menggunakan talikur warna Merah-Merah dengan mangkok yang berbentuk oval serta relief logo akpol. Dantonkorpstar ada 14 setiap batalyon yaitu Dantonkorps 1A sampai 2E. Untuk Dantonkorps yang menjabat di batalyon TK IV (Dantonsen) dijabat hingga taruna TK IV pelantikan Prasetya Prawira (praspa) sedangkan untuk Danton junior hanya masa satu tahun kerja.

  18. LEMUSTAR TK III

    Lemustar TK III memilik tugas yang sama seperti lemustar. bedanya hanya di tali dan mangkoknya saja yaitu menggunakan talikur warna Kuning-hitam dengan mangkok yang berbentuk segi-8 serta relief logo akpol tanpa bintang.

  19. LEMUSTAR TK II

    Lemustar TK II memilik tugas yang sama seperti lemustar. bedanya hanya di tali dan mangkoknya saja yaitu menggunakan talikur warna hitam-hitam dengan mangkok yang berbentuk segi-8 serta relief logo akpol tanpa bintang.

  20. POLTAR JUNIOR

    Polisi Pleton Taruna (poltar) adalah unsur pejabat Resimen Korps Taruna dalam bidang pengamanan internal termasuk penegakan disiplin dan ketertiban di lingkungan Resimen Korps Taruna yang berada di bawah Danpoltar. Untuk poltar junior ini menggunakan talikur warna Kuning-putih dengan tanpa bintang di mangkok yang berbentuk oval serta relief logo poltar. Jabatan poltar ini sampai praspa.

Ya itu semua adalah jabatan dan talikur yang digunakan oleh taruna Akademi Kepolisian. Jadi udah jelas dan paham ya rekan-rekan semua, apabila nnti bertemu taruna pesiar, ibl atau cuti lalu melihat taruna menggunakan tali kalian sudah paham apa kira-kira jabatannya apa hehe.

Itu saja yang bisa saya sampaikan tetap semangat dan pantengin terus postingan selanjutnya.

“A great man does not seek applause or place; he seeks for truth; he seeks the road to happiness, and what he ascertains, he gives to others.”

Robert Green Ingersoll

Kategori
Tanpa kategori

Penelusuran Mental Kepribadian (PMK) dan Wawancara

Selamat pagi semua, aku mau nanya sama kalian yang katanya calon anggota polri. Udah nyiapin apa aja nih buat jadi anggota polri? berkas udah beres? latihan fisik udah belom? akademik udah baca apa aja? psikotes gimana? pertanyaan simpel namun pelaksanaannya yang berat. Karena pelaksanaannya yang berat maka butuh yang namanya disiplin. Displin itu dasarnya orang sukses, orang sukses tidak ada yang malas malasan. Tokoh terkenal yang sukses mengawali setiap kegiatannya dengan rencana, melakukannya dengan disiplin dan mengakiri dengan analisa dan evaluasi. Tiga hal tersebut mereka laksanakan dengan setiap hari dengan konsisten tanpa lelah dan tanpa menyerah dengan target-target yang ringan dan jelas. Terpaksa diubah konsisten menjadi suatu karakter yang sulit dikalahkan. Berawal dari terpaksa hingga tercipta suatu kebiasaan yang biasa dilakukan sampai mereka tidak sadar jika yang mereka lakukan adalah kebiasaan yang dulunya sulit mereka lakukan.

Tes-Mental-Ideologi-MI-Tes-Masuk-TNI-1Baik saya rasa awalan yang bagus untuk memulai pembahasan terkait tes Penelusuran Mental Kepribadian, tes ini adalah suatu cara tester untuk mengetahui kepribadian peserta meliputi aspek mental, kepribadian, kejiwaan, psikis, orientasi perilaku menyimpang, radikalisme, SARA, catatan kriminalitas dalam kegiatan masyarakat atau lingkungannya.

Pada tahap tes PMK ini, calon taruna diharuskan membawa pas foto tampak depan, samping kiri, samping kanan sebanyak masing masing 3 buah dengan background warna merah. Foto ini nantinya digunakan untuk foto berkas pihak tester. Peserta diwajibkan untuk mengisi seluruh data diri, data orang tua, kakak, adik saudara dari ibu dan ayah. Seluruhnya yang tertera didalam Kartu keluarga. Setelah pengisian data diri, peserta akan diperintahkan untuk membuat uraian dari 20 pertanyaan terkait, kelebihan dan kekurangan diri, radikalisme, sara, kriminalistas dan lainnya.

Setelah pengisian selesai, seluruh calon taruna Akademi Kepolisian dipersilahkan untuk menunggu giliran untuk melaksanakan wawancara. Wawancara didasarkan pada data diri yang diisi dan penulisan terkait pertanyaan-pertanyaan yang sudah diisi. Jadi kalian isi saja yang sebenar-benarnya jangan ada yang ditutupi. Karena mereka paham betul cara cara mengetahui kepribadian seseorang.

Tiba giliran kalian, nnti kalian diperintahkan untuk menghadap meja yang mana di suatu ruangan tersebut sudah banyak sekali meja. Mungkin ada 12. setelah tau kalian menghadap meja yang mana, kalian datang menghadap. hormat (dibalas)
kemudian Laporan
“Lapor, Nama Denny Hermawan Saputra. Nomor tes 1113. Asal Polres Metro Jakarta Barat. Selanjutnya siap melaksanakan tes PMK.” kemudian duduk saat dipersilahkan.

Nah dibagian ini setiap tester itu beda, beda nanyanya. biasanya kalian disuruh cerita ttg diri kalian dari lahir sampe skrng saat tes. Nanti itu tester bakalan nanya sendiri. karena tidak pasti pertanyaannya tergantung pada data diri. ada yang disuruh ngaji, baca pancasila, beladiri, nyanyi indonesia raya, langkah tegap sendiri. Intinya tes ini untuk mencari yang mental, kepribadian bagus dan tidak terpapar radikalisme atau pernah dihukum pokoknya yang bener bener bersih dari hal hal yang dapat merusak polri kedepannya.

Nah itu merupakan rangkaian tes penelusuran mental kepribadian berdasarkan pengalaman saya. Tiap orang mungkin mengalami hal yang berbeda dengan saya. Namun saya hanya ingin memberika gambaran terkait tes tersebut kepada rekan-rekan secara cuma-cuma. Karena saya ingin informasi ini berguna bagi rekan-rekan, sulit sekali dapat informasi seperti ini. Saya harap informasi ini kalian persiapkan sebaik mungkin.

Demikian postingan kali ini. Mohon untuk komentar dan likenya rekan-rekan guna perbaikan kedepannya. Bagi rekan-rekan yang ingin request postingan apa yang ingin kalian ketahui bisa sampaikan juga ya terutama yang berkaitan dengan Akademi Kepolisian, sekolah kedinasan dan perguruan tinggi. Tetap semangat dan keep fighting!

Bagi rekan-rekan yang ingin soal-soal Psikotes, Akademik dan PMK seleksi Akpol bisa kontak melalui email 53dennyhs@gmail.com atau instagram @dennyhs_53

Kategori
AKPOL

TES PSIKOLOGI I

Tes psikologi yang pertama ini biasa yang diujikan ada 3 materi ujian. tiap tahunnya mengalami perbedaan materi uji. Pada tahun 2017, yang diujikan itu EPPS, TPA DASAR dan PAULI. Tahun-tahun sebelumnya juga sama seperti itu. Namun, pada tahun 2018 mengalami perubahan yakni EPPS, TPA DASAR dan ANGKA HILANG. Jadi tes Pauli pada saat itu dihilangkan, sedikit kaget juga karena yang saya siapkan adalah tes pauli bukan angka/simbol hilang. Tapi Alhamdulillah pada saat itu saya dapat mengerjakan dengan baik dan lancar. Yuk kita bahas materi apa aja yg diujikan pada Tes Psikologi-I Akpol tingkat Panda.

  1. EPPS

    Edward’s Personal Preference Schedule (EPPS) atau kita biasanya tes kepribadian merupakan salah satu tes kepribadian yang dirancang untuk mengukur atau menggambarkan keunikan kepribadian seseorang berdasarkan teori kebutuhan A.H. Murray. Pada teori kebutuhan Murray, terdapat 20 kebutuhan yang kemudian disederhakan dalam bentuk metode tes kepribadian oleh Allen L. Edward, dengan hanya mengambil 15 kebutuhan saja. Pengembangan aplikasi tes kepribadian dengan metode EPPS ini dipilih karena tes kepribadian ini lebih sering digunakan (Hartono, 2006).

pada tes EPPS ini biasanya calon taruna diberikan instruksi EPPS seperti:

  1. Testee memilih satu dari dua pernyataan yang telah disediakan (A atau B) yang lebih menggambarkan dirinya.
  2. Apabila dua pernyataan tersebut sama-sama tidak disukai atau sama-sama disukai, testee tetap harus memilih mana yang lebih khas menggambarkan
  3. Pilihan harus berdasarkan perasaan testee, tidak berdasarkan apa yang dianggap wajar.
  4. Tidak ada jawaban benar atau salah.
  5. Jangan ada item yang terlewati.

2. TPA DASAR

Tes Potensi Akademik atau TPA merupakan tes psikologi yang dapat mengungkap apa yang telah dicapai seseorang secara intelektual. Karena mengungkap kualitas intelektual, maka tinggi/rendah-nya nilai TPA sering dihubungkan dengan tinggi/rendah-nya tingkat kecerdasan.

Tes Potensi Akademik adalah tes yang terdiri dari berbagai jenis soal. Setiap jenis memiliki tujuan pengukuran kecerdasan yang berbeda.

Ada empat jenis utama soal tes TPA, yaitu sebagai berikut.

1. Tes verbal

Tes verbal berfungsi untuk mengukur kecerdasan seseorang dalam kata-kata dan bahasa. Beberapa bentuk soal tes verbal antara lain sinonim (persamaan kata), antonim (lawan kata), padanan hubungan kata, dan pengelompokan kata.

2. Tes angka

Jenis soal lainnya dalam Tes Potensi Akademik adalah tes angka. Sesuai namanya, jenis psikotes kerja yang satu ini berfungsi untuk mengukur kecerdasan seseorang dalam bidang angka. Tes ini akan mengukur seberapa kamu berpikir terstruktur dan logis matematis. Beberapa bentuk soal tes angka antara lain aritmetik (hitungan), seri angka, seri huruf, logika angka, dan angka dalam cerita.

3. Tes logika

Tes logika berfungsi untuk mengukur kemampuan seseorang dalam penalaran dan pemecahan masalah secara logis atau masuk akal. Biasanya, banyak orang terkecoh pada jenis soal yang satu ini. Beberapa bentuk soal tes logika antara lain logika umum, analisis pernyataan dan kesimpulan (silogisme), logika cerita), dan logika diagram.

4. Tes spasial atau gambar

Jenis soal keempat dalam TPA adalah tes spasial atau gambar. Tes ini berfungsi untuk mengukur daya logika ruang seseorang. Beberapa bentuk soal tes spasial atau gambar antara lain padanan hubungan gambar, seri gambar, pengelompokkan gambar, bayangan gambar, dan identifikasi gambar.

Kategori
Tanpa kategori

TES KESEHATAN-II

Halo semuanya. Selamat berjumpa kembali bersama saya sidogol. Gimana kabarnya kalian? semoga tetap dalam keadaan yang baik ya. Hari ini saya akan membahas tes kesehatan yang ke-II tingkat panitia daerah. Kalian wajib tahu nih di tes kesehatan ke-II karena dites kesehatan ini merupakan tes kesehatan fungsi organ dalam kalian.

Sekali lagi, semua yang saya jelaskan adalah berdasarkan pengalaman saya selama menjalani tes penerimaan calon anggota polri jalur perwira yaitu Akademi Kepolisian di tahun 2017 dan 2018. Sehingga mungkin ada perbedaan apabila kalian mendapat informasi yang lebih baru. Namun perlu saya tekankan lagi bahwa secara umum tes yang dialami relatif sama dari tahun ke tahun hanya beberapa perbedaan saja. contohnya ditahun 2020 dan 2021 persyaratan calon anggota polri wajib ada surat hasil negatif SWAB tes covid-19 yang mana tahun tahun sebelumnya tidak pernah ada. Semua persyaratan bergantung situasi dan kondisi. Sebagai saran, kalian wajib untuk aktif mencari informasi sebanyak mungkin terkait persyaratan penerimaan. Langsung aja ya.

Pemeriksaan terkait tes kesehatan ini adalah kesehatan dari fungsi organ dalam calon anggota polri seperti:

  1. Pemeriksaan fotoToraks;
    WhatsApp-Image-2018-05-30-at-08.39.43Rontgen dada atau rontgen thorax adalah foto dada yang menunjukkan jantung, paru-paru, saluran pernapasan, pembuluh darah, dan nodus limfa Anda. Rontgen dada juga bisa menunjukkan tulang belakang dan dada, termasuk tulang rusuk, tulang selangka, dan bagian atas tulang belakang Anda.

    Rontgen thorax merupakan tes pencitraan yang paling umum digunakan untuk menemukan masalah dalam dada, terutama untuk mendiagnosis penyebab kondisi sesak napas

    Menurut Hello sehat, rontgen thorax dapat menunjukkan berbagai macam kondisi dalam tubuh Anda, termasuk:

    • Masalah paru-paru
    • Masalah jantung yang berhubungan dengan paru
    • Ukuran dan bentuk jantung
    • Pembuluh darah
    • Deposit kalsium
    • Patah tulang
    • Perubahan pasca-operasi.
    • Alat pacu jantung, defibrilator, atau kateter.
  2. Pemeriksaan elektrokardiografi (EKG);

    WhatsApp-Image-2018-05-30-at-08.39.44Elektrokardiogram atau EKG adalah salah satu tes untuk mengevaluasi kesehatan jantung. Tes kesehatan yang juga dikenal lengkap sebagai elektrokardiografi ini bertujuan untuk mengetahui dan merekam aktivitas kelistrikan pada organ jantung.
    Jantung bekerja karena dipicu oleh hantaran sinyal listrik alami. Sinyal-sinyal inilah yang menyebabkan otot jantung berkontraksi untuk menciptakan detak jantung. Intinya adalah bahwa pemeriksaan ini adalah bahwa jantungnya normal atau tidak.

  3. Pemeriksaan laboratorium:
    • urine, meliputi:
      • kejernihan;
      • berat jenis (BJ);
      • tingkat keasaman;
      • leukosit
      • nitrit;
      • protein;
      • reduksi;
      • urobilinogen;
      • keton;
      • bilirubin;
      • eritrosit;
      • sedimen.
    • hematologi, meliputi:
      • hemoglobin;
      • leukosit dan hitung jenis;
      • laju endap darah.
    • kimia darah, meliputi:
      • gula darah puasa;
      • cholesterol (total, HDL, LDL);
      • trigliserida;
      • kreatinin;
      • ureum;
      • SGOT;
      • SGPT;
      • bilirubin total;
      • asam urat.
        WhatsApp-Image-2018-05-30-at-10.37.41-1-1170x878
  4. Pemeriksaan tambahan (Plus), meliputi:
    • narkotika dan obat-obatan (narkoba), meliputi: morfin, THC, amfetamin, metamfetamin dan benzodiazepin;
    • imuno serologis, meliputi: serum hepatitis B antigen (HBs Ag), anti HIV dan VDRL;
    • uji kehamilan untuk calon anggota Polri wanita.

Itu adalah 4 pemeriksaan kesehatan tahap II Calon taruna Akpol ada beberapa Polda yang melakukan pemeriksaan kejiwaan juga ditahap ini. Sedikit saran untuk pemeriksaan kesehatan di tahap kedua ini adalah banyak minum air putih untuk mendapatkan hasil cek darah dan kualitas air kencing yang bagus serta jangan konsumsi narkoba dan miras.

Demikian postingan kali ini. Mohon untuk komentar dan likenya rekan-rekan guna perbaikan kedepannya. Bagi rekan-rekan yang ingin request postingan apa yang ingin kalian ketahui bisa sampaikan juga ya terutama yang berkaitan dengan Akademi Kepolisian, sekolah kedinasan dan perguruan tinggi. Tetap semangat dan keep fighting!

Bagi rekan-rekan yang ingin soal-soal Psikotes, Akademik dan PMK seleksi Akpol bisa kontak melalui email 53dennyhs@gmail.com atau instagram @dennyhs_53

Kategori
AKPOL

TES JASMANI DAN ANTROPOMETRI

Halo semuanya, saya harap kalian selalu semangat ya. Hari ini saya mau jelasin pengalaman saya dalam menjalani tes Kesampataan Jasmani dan Atrhopometri tahun 2017 dan 2018. Saya daftar akpol di Polda Metro Jaya waktu itu tes jasmani tahun 2017 di Lapangan Korps Brimob Polri Kelapa Dua, Depok. Kemudian di tahun 2018 itu di lapangan lari Ragunan. keduanya memiliki perbedaan lapangan, menurut saya sih lebih enak di Lapangan Lari Ragunan karena treknya karet sehingga sangat ringan untuk berlari.

Secara umum, item tes jasmani dan anthropometri dari tahun-tahun sebelumnya selalu sama bedanya hanya di penilaian anthropometri saja. ketika ditahun saya daftar tes anthropometri itu ada nilainya namun saat ini hanya dinyatakan lulus dan tidak lulus sehingga tidak berpengaruh apabila diperbandingkan dalam sidang pantukhir nantinya. Untuk penilaian jasmani antara calon taruna dan calon taruni memiliki penilaian yang berbeda.

Untuk Jasmani dan anthropometri itu ada 4 item penilaian. Untuk penilaian akhir Jasmani dan Anthropometri itu


NA JAS = Nilai Akhir TKJ
A = item A
B = item B
C = item C
D = item D

  1. Item A

    Adalah kesamaptaan jasmani Aerobik atau Lari. Calon taruna melaksanakan lari selama 12 menit dengan tanpa berhenti memutari lapangan yang sudah ditentukan. Seingat saya untuk Calon taruna dan taruni itu minimal lari 4 keliling atau 2000 meter dalam 12 menit. Untuk penilaian lari antara calon taruna dan calon taruni memiliki perbedaan dalam hal penilaian. Saran saya adalah maksimalkan di item ini karena penilaian item berdiri sendiri sehingga memiliki bobot yang besar dibandingkan dengan sub item yang lain. Rerata ketika tes jasmani itu para catar lari diatas 6 keliling 200 m atau sekitar 2600 meter. kalo untuk calon taruni itu sekitar 5 keliling 200 meter. Kalo mau aman dan ga kegeser catar lain, maka saya sarankan untuk dapat lari diatas 7 keliling atau 2800 meter bahkan kalo bisa lari 8 keliling lebih bagus lagi. Berikut saya lampirkan tabel penilaian item A
    lari wanita

  2. Item B

    Adalah kesamaptaan jasmani bagian kekuatan (Strenght). Item memiliki perbedaan untuk taruna dan taruni. untuk taruna dimulai dari Pull selama satu menit, Push Up selama satu menit, Sit Up selama 1 menit, Shuttle Run/3 kali putaran. Pengalaman saya selama tes, untuk sub item sit up dan push hampir seluruhnya mampu melaksanakan dengan sempurna hingga mendapatkan nilai 100 untuk kedua sub item tersebut tetapi berbeda dengan sub item Pull up dan shuttle run. Pull up merupakan salah satu item yang tidak semua taruna bisa mencapai nilai seratus yaitu 17 kali begitupun dengan sub item Shuttle run jarang sekali yang bisa mencapai 16 detik. Oleh karena itu saya menyarankan untuk mempersiapkan Pull Up dan shuttle run sebaik mungkin klo bisa ya pull up 20 dan shuttle run dibawah 17 detik untuk mengamankan diri agar diterima menjadi taruna akpol. Untuk Item B ini penilaiannya adalah akumulasi dari sub itemnya :

  3. Item C

    Adalah kesamaptaan jasmani bagian kemampuan renang. Dalam tes yang dilaksanakan polri calon taruna berenang sejauh 25 meter dan untuk renang dengan bebas gaya artinya tidak ada ketentuan mengenai gaya yang digunakan. Untuk lulus item ini calon taruna harus sampai ke finish. Namun tentunya agar diterima menjadi taruna akademi kepolisian harus mencapai nilai maksimal yaitu di nilai 100. Nilai 100nya itu sekitar 13 detik. Saya menyarankan untuk renang menggunakan gaya bebas karena semakin cepat sampai semakin besar nilainya.
    6.-renang

  4. Item D

    Adalah item pemeriksaan Anthropometri. Dalam tes ini yang diperiksa adalah bentuk tubuh, berat badan (ideal), punggung, telapak tangan, mata (bisa piching atau tidak), telapak kaki (kaki bebek atau bukan), cara jalan dan masih banyak lagi. itu pengalaman saya ketika tes antrhopometri. Tes ini secara umum 30 menit per kloter. Untuk saat ini tes ini hanya dinyatakan lulus atau tidak lulus saja tidak ada penilaian khusus.

Dalam pelaksanaan tes jasmani merupakan tes yang paling transparan karena dapat disaksikan oleh calon taruna, orang tua dan pihak lain. Dalam tes ini merupakan tes yang paling ramai dan menegangkan karena dari sini kita bisa melihat kemampuan tiap tiap calon taruna dengan gemuruh orang tua yang selalu memberi semangat melihat anaknya berusaha keras untuk menjadi seorang taruna.

Tes kesamaptaan jasmani dan antrophometri adalah tes yang butuh persiapan dan proses. Untuk mencapai nilai yang baik dalam item-item tersebut dibutuhkan usaha keras, konsisten dan latihan rutin. Tidak mungkin orang yang jarang latihan lari, bisa lari 7 keliling, pull up 20 dan item lainnya bagus. Untuk itu, saya menyarankan kepada adik adik yang ingin mendaftar menjadi anggota polri untuk melakukan persiapan jauh jauh hari terutama dalam hal jasmani. Jasmani adalah proses, konsistensi dan usaha keras. Buatlah rencana terstruktur yang realistis, dengan target yg bertahap sesuai kemampuan hingga sampai ke titik dimana kalian merasa jasmani adalah hal yang biasa. Mungkin apabila adik-adik punya kenalan pelatih jasmani bisa tuh minta dilatih sama pelatihnya. Sampaikan ke pelatihnya saya mau lari berapa, pull up sekian bagaimana pelatih? nnti pelatih yang merancang rencana latihan untuk kalian.

“Dipaksa, terpaksa, terbiasa kemudian jadi kebiasaan”

anonim

Itu aja yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat, tetap semangat dan terus berjuang!

kredit to

https://bagsumdaresblora.wordpress.com/category/tak-berkategori/page/2/

Kategori
Tanpa kategori

TES AKADEMIK AKPOL PANDA

Semangat pagi rekan-rekan semua. Gimana hari ini masih semangatkan? Pagi ini saya mau sharing nih terkait Tes Akademik Tingkat Penerimaan Daerah. Tes Akademik itu memiliki bobot yang paling besar dibandingkan dengan tes lainnya. Tes Akademik merupakan kesempatan besar untuk mendongkrak ranking rekan rekan ketika sidang pantukhir nanti. Tes ini memiliki bobot 40% paling besar diantara yg lain.

Tes Akademik dari tahun ke tahun hampir sama jenis materi yang diujikan hampir sama. Di tahap ini rekan-rekan akan dihadapkan dengan tiga ujian yang berbeda diantaranya pengetahuan umum, bahasa indonesia dan matematika (IPA/IPS). Pengetahuan umum dan bahasa indonesia dilaksanakan oleh calon taruna baik IPA maupun IPS semuanya mengerjakan soal yang sama sedangkan untuk matematika berbeda antara catar dari IPA dan catar dari IPS. Tentu saja catar IPA mengerjakan matematika IPA dan catar IPS mengerjakan soal matematika IPS dan tidak ada perbedaan dari hasil nilainya walaupun soal matematika IPA lebih sulit daripada IPS.

  1. Tes Pengetahuan Umum

    untuk dapat menyelesaikan tes ini calon taruna harus mampu dan memiliki pengetahuan di bidang kewarganegaraan, pancasila, UU kepolisian, sejarah yang berkaitan dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Wawasan kebangsaan serta ilmu pengetahuan sosial. Semua materi diatas dapat kalian cari di Internet itu ada banyak sekali. Secara umum sih materinya itu, namun belom ada kepastian untuk soal yang keluar itu pada saat pelaksanaan tes itu apa. Sekedar informasi untuk tahun 2017 ketika saya daftar itu lebih banyak tentang ilmu pengetahuan sosial berbeda ketika tahun 2018, soal yang keluar itu kebanyakan tentang kewarganegaraan dan Pancasila. Saya menyarankan kepada rekan-rekan semua agar mempelajari semua materi yang sudah saya jelaskan tadi. Karena tidak ada jaminan pasti soal yang keluar apa. Jumlah soalnya 50 butir dikerjakan dalam waktu 90 menit.

  2. Tes Bahasa Indonesia

    Nah ini merupakan tes yang mudah saat mengerjakan namun kaget ketika melihat hasil nilainya karena tidak sesuai dengan ekspektasi saya. Ketika mengerjakan soal bahasa indonesia terasa mudah namun nilainya ko jelek ya hahaha. Itu yang saya alami ketika tes di panda dulu. Karena yang paling tinggi pun hanya 72 nilainya. Mungkin saya yang tidak paham soalnya ahaha.
    Okay cukup sudah ceritanya, Tes akademik materi bahasa indonesia ini kurang lebih sama seperti UN SMA. Bagi kalian yang sudah tidak ada UN SMA bisa nyari aja soal soal SMA tahun sebelumnya yang masih ada UN. Materinya itu tentang paragraf, puisi, jenis-jenis majas, penulisan EYD, grafik dan materi bahasa indonesia lainnya. Jumlah soalnya waktu itu ada 50 soal dikerjakan dalam waktu 90 menit. Kalian pelajari materi UN Bahasa Indonesia tingka SMA aja juga udah cukup ko.

  3. Matematika (IPA/IPS)

    Rekan-rekan semua dibagian yang ketika ini adalah Matematika. Bagian ini dibagi menjadi 2 yakni Matematika IPA dan Matematika IPS. Materi yang perlu rekan-rekan pelari adalah semua materi yang dipelajari ketika kalian SMA. Saya mempelajari materi yang ujikan itu kurang lebih sama seperti materi Ujian Nasional Matematika. Jadi saya menyarankan kepada rekan-rekan semua untuk mempelajari soal-soal ujian nasional. Hal ini berlaku untuk IPA/IPS. Saya melihat bahwa soal yang diujikan lebih mudah dari ujian nasional dengan angka-angka yang relatif bulat.

Demikian postingan kali ini. Mohon untuk komentar dan likenya rekan-rekan guna perbaikan kedepannya. Bagi rekan-rekan yang ingin request postingan apa yang ingin kalian ketahui bisa sampaikan juga ya terutama yang berkaitan dengan Akademi Kepolisian, sekolah kedinasan dan perguruan tinggi. Tetap semangat dan keep fighting!

Bagi rekan-rekan yang ingin soal-soal Psikotes, Akademik dan PMK seleksi Akpol bisa kontak melalui email 53dennyhs@gmail.com atau instagram @dennyhs_53

Kategori
Jurusan dan Prospek Kerja Universitas

INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG

logo_itb_1024Halo semua, apa kabar kalian? hari ini saya mau bahas tentang ITB nih. Siapa yang gatau perguruan tinggi ini. Hampir seluruh calon mahasiswa mengidam-idamkan kuliah disini di PT tinggi para cendikiawan Indonesia. ITB merupakan perguruan tinggi teknik pertama di Indonesia yang berawal dari abad ke-20, ketika pemerintah kolonial Belanda mendirikan de Techniche Hoogeschool te Bandung (TH) pada 3 Juli 1920 di lahan seluas 30 hektar di Bandung. Saat itu hanya terdapat satu fakultas yaitu de Faculteit van Technische Wetenschap dan hanya satu jurusan yaitu de afdeeling der We gen Waterbouw. Pendirian perguruan tinggi ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan tenaga teknik yang semakin terbatas pada masa kolonial Belanda akibat pecahnya Perang Dunia pertama.

Hingga saat ini sudah satu abad lebih ITB tetap eksis menjadi pencetak generasi cendikiawan untuk Indonesia. Banyak tokoh-tokoh terkenal yang berasal dari ITB diantaranya Ir. Soekarno, B.J. Habibie, Ridwan Kamil, Arcandra Tahar, Aburizal Bakrie dan masih banyak lagi.

ITB merupakan kampus teknik yang paling banyak diminati calon mahasiswa di Indonesia. Anak SMA kalo ditanya mau kuliah dimana ya pilihannya kalo ITB, UI gitu aja terus hahaha. Karena memang kampus idaman yang masuknya susah keluarnya juga susah. Pasti kebanggaan banget bisa masuk ke ITB apalagi bisa lulus dengan cumlaude,, buset itu otaknya pasti cerdas banget.

Perguruan Tinggi Negeri dengan status badan hukum adalah sesuatu tanpa preseden dalam sejarah Pendidikan Tinggi di Indonesia. Hal ini diawali dengan terbitnya PP No. 61 tahun 1999 tentang Penetapan Perguruan Tinggi Negeri sebagai Bahan Hukum yang kemudian disusul diterbitnya PP No. 155 tahun 2000 tentang Penetapan Institut Teknologi Bandung menjadi Bahan Hukum Milik Negara.

Pada 3 Juli 2020, ITB secara de facto berusia 100 tahun di mana telah menghasilkan lebih dari 120.000 alumni yang berperan penting dalam pembangunan bangsa, memiliki 12 fakultas/sekolah, 128 program studi, dan 111 Kelompok Keahlian, memiliki 25 Pusat, 7 Pusat Penelitian, dan 6 Pusat Unggulan Iptek (PUI), memiliki lebih dari 26 ribu mahasiswa program sarjana, master, dan doktor, memiliki 1.510 dosen dengan 195 Guru Besar, dan berlokasi di dua tempat lain selain kampus Ganesa Bandung yaitu Jatinangor dan Cirebon. ITB juga menjadi perguruan tinggi terbaik nasional dan pelopor kemajuan sains, teknologi, dan seni di Indonesia. ITB memiliki visi yaitu

Menjadi Perguruan Tinggi yang unggul, bermartabat, mandiri, dan diakui dunia serta memandu perubahan yang mampu meningkatkan kesejahteraan bangsa Indonesia dan dunia. (Sumber: 09/SK/I1-SA/OT/2011)

Dengan misi sebagai berikut

Menciptakan, berbagi dan menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan kemanusiaan serta menghasilkan sumber daya insani yang unggul untuk menjadikan Indonesia dan dunia lebih baik. (Sumber: 09/SK/I1-SA/OT/2011)

Berikut merupakan Fakultas yang ada di ITB:

  1. Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian
  2. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  3. Fakultas Seni Rupa dan Desain
  4. Fakultas Teknologi Industri
  5. Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara
  6. Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan
  7. Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan
  8. Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan
  9. Sekolah Bisnis dan Manajemen
  10. Sekolah Farmasi
  11. Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati
  12. Sekolah Teknik Elektro dan Informatika

Kampus ITB Ganesa
ganeshaKampus ITB ganesa berada di Jl. Ganesa 10 Bandung – Jawa Barat, Indonesia. Berikut alamat email apabila perlu untuk informasi lebih lanjut humas@itb.ac.id .

Kampus Jatinangor
Kampus ITB yang terletak di Jalan Let. Jen. Purn. Dr. (HC). Mashudi No. 1 Sumedang – Jawa Barat, Indonesia. Berikut alamat email apabila perlu untuk informasi lebih lanjut humas_@jatinangor.itb.ac.id .

Kampus Cirebon

indexKampus ITB ini terletak di Jl. Kebonturi, Arjawinangun Cirebon – Jawa Barat, Indonesia. Berikut alamat email apabila perlu untuk informasi lebih lanjut kampuscirebon@itb.ac.id .

Program Studi Sarjana di ITB

Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB)

  1. Meteorologi (ME)
  2. Oseanografi (OS)
  3. Teknik Geodesi dan Geomatika (GD)
  4. Teknik Geologi (GL)

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)

  1. Aktuaria (AK)
  2. Astronomi (AS)
  3. Fisika (FI)
  4. Kimia (KI)
  5. Matematika (MA)

Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD)

  1. Desain Interior (DI)
  2. Desain Komunikasi Visual (DKV)
  3. Desain Produk (DP)
  4. Kriya (KR)
  5. Seni Rupa (SR)

Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD)

  1. Teknik Dirgantara (AE)
  2. Teknik Material (MT)
  3. Teknik Mesin (MS)

Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM)

  1. Teknik Geofisika (TG)
  2. Teknik Metalurgi (MG)
  3. Teknik Perminyakan (TM)
  4. Teknik Pertambangan (TA)

Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL)

  1. Rekayasa Infrastruktur Lingkungan (IL)
  2. Teknik dan Pengelolaan Sumber Daya Air (SA)
  3. Teknik Kelautan (KL)
  4. Teknik Lingkungan (TL)
  5. Teknik Sipil (SI)

Fakultas Teknologi Industri (FTI)

  1. Manajemen Rekayasa Industri (MR)
  2. Teknik Bioenergi dan Kemurgi (TB)
  3. Teknik Fisika (TF)
  4. Teknik Industri (TI)
  5. Teknik Kimia (TK)
  6. Teknik Pangan (PG)

Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK)

  1. Arsitektur (AR)
  2. Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK)

Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)

  1. Kewirausahaan (MK)
  2. Manajemen (MB)

Sekolah Farmasi (SF)

  1. Farmasi Klinik dan Komunitas (FKK)
  2. Sains dan Teknologi Farmasi (FA)

Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH)

  1. Biologi (BI)
  2. Mikrobiologi (BM)
  3. Rekayasa Hayati (BE)
  4. Rekayasa Pertanian (BA)
  5. Rekayasa Kehutanan (BW)
  6. Teknologi Pascapanen (BP)

Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI)

  1. Sistem dan Teknologi Informasi (II)
  2. Teknik Biomedis (EB)
  3. Teknik Elektro (EL)
  4. Informatika (IF)
  5. Teknik Telekomunikasi (ET)
  6. Teknik Tenaga Listrik (EP)

Program Studi Magister

Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB)

  1. Sains Kebumian
  2. Teknik Air Tanah
  3. Teknik Geodesi dan Geomatika
  4. Teknik Geologi

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)

  1. Aktuaria
  2. Astronomi
  3. Fisika
  4. Ilmu dan Rekayasa Nuklir
  5. Kimia
  6. Matematika
  7. Pengajaran Matematika
  8. Pengajaran Fisika
  9. Pengajaran Kimia
  10. Sains Komputasi

Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD)

  1. Desain
  2. Seni Rupa

Fakultas Teknologi Industri (FTI)

  1. Instrumentasi dan Kontrol
  2. Logistik
  3. Teknik dan Manajemen Industri
  4. Teknik Fisika
  5. Teknik Kimia

Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD)

  1. Ilmu dan Teknik Material
  2. Teknik Dirgantara
  3. Teknik Mesin

Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM)

  1. Rekayasa Pertambangan
  2. Teknik Geofisika
  3. Teknik Geotermal
  4. Teknik Metalurgi
  5. Teknik Perminyakan

Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL)

  1. Pengelolaan Infrastruktur Air Bersih dan Sanitasi
  2. Pengelolaan Sumber Daya Air
  3. Sistem dan Teknik Jalan Raya
  4. Teknik Kelautan
  5. Teknik Lingkungan
  6. Teknik Sipil

Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK)

  1. Arsitektur
  2. Arsitektur Lanskap
  3. Perencanaan Kepariwisataan
  4. Perencanaan Wilayah dan Kota
  5. Rancang Kota
  6. Studi Pembangunan
  7. Transportasi

Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)

  1. Administrasi Bisnis
  2. Sains Manajemen

Sekolah Farmasi (SF)

  1. Farmasi
  2. Farmasi Industri
  3. Ilmu Keolahragaan

Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH)

  1. Biologi
  2. Biomanajemen
  3. Bioteknologi

Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI)

  1. Informatika
  2. Teknik Elektro

Sekolah Pasca Sarjana (SPS)

  1. Teknologi Nano

Program Studi Doktor

Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB)

  1. Sains Kebumian
  2. Teknik Geodesi dan Geomatika
  3. Teknik Geologi

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)

  1. Astronomi
  2. Fisika
  3. Kimia
  4. Matematika
  5. Rekayasa Nuklir

Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD)

  1. Ilmu Seni Rupa dan Desain

Fakultas Teknologi Industri (FTI)

  1. Teknik dan Manajemen-Industri
  2. Teknik Fisika
  3. Teknik Kimia

Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD)

  1. Teknik Dirgantara
  2. Ilmu dan Teknik Material
  3. Teknik Mesin

Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM)

  1. Rekayasa Pertambangan
  2. Teknik Geofisika
  3. Teknik Perminyakan

Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL)

  1. Teknik Lingkungan
  2. Teknik Sipil

Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK)

  1. Arsitektur
  2. Perencanaan Wilayah dan Kota
  3. Transportasi

Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)

  1. Sains Manajemen

Sekolah Farmasi (SF)

  1. Farmasi

Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH)

  1. Biologi

Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI)

  1. Teknik Elektro dan Informatika

Sekolah Pasca Sarjana (SPS)

  1. Teknologi Nano

Kategori
AKPOL

PANGKAT TARUNA AKPOL

Halo rekan-rekan semua, semoga hari ini kalian selalu diberikan kesehatan ya. Sesuai dengan janji saya di postingan yang kemarin”OUTFIT PDH TARUNA AKPOL” bahwa di postingan selanjutnya saya mau menjelaskan tentang jenjang kepangkatan Taruna Akademi Kepolisian. Karena banyak juga yang belum tau cara membedakan tingkat I, II, III dan IV itu bagaimana?
pangkat akpol

Cara membedakan mana Taruna Akademi Kepolisian Tingkat I, II, III dan IV itu dengan melihat pangkat (Chevron) yang dikenakan oleh taruna tersebut. Pangkat bisa dilihat dari jumlahnya semakin banyak jumlah garis kuning (Chevron) semakin senior dia berarti begitupun sebaliknya. Setiap jenjang kepangkatan memiliki perbedaan mulai dari tingkat, hak dan kewajiban serta jabatan yang dapat diemban sebagai seorang taruna di resimen Akademi Kepolisian. Jenjang kepangkatan taruna Akademi Kepolisian itu ada 6 yaitu:

  1. CABHATAR

    Adalah singkatan dari Calon Bhayangkara Taruna. Calon taruna yang sudah diterima melalui serangkaian tes yang telah dilewati dan dinyatakan lulus pada sidang pantukhir maka taruna tersebut sudah menyandang pangkat Cabhatar (kalo taruna akademi TNI itu Capratar). Cabhatar belum diberikan pangkat chevron dan hanya diberikan seragam hijau untuk melaksanakan pendidikan dasar Resimen Chandradimuka di Lembah Tidar Magelang Jawa Tengah selama 3 bulan bersama Akademi TNI lainnya.

  2. BHATAR

    BhatarAdalah singkatan dari Bhayangkara Taruna. Bhatar adalah pangkat bagi taruna Akademi Kepolisian taruna TK I yang baru saja menyelesaikan pendidikan dasar resimen Chandradimuka. Bhatar merupakan pangkat terendah yang ada di resimen Akademi Kepolisian dengan bentuk roket (satu Chevron keatas) dikenal juga dengan BENTENG AKADEMI. Jenjang pangkat ini memiliki rentang waktu sekitar kurang lebih 3 bulan menuju pangkat Abrigtar. Bhatar masih belum bergabung dengan senior-seniornya yang lain serta belum bisa melaksanakan dinas di resimen dan hanya bisa melaksanakan dinas di lingkup batalyonnya saja. Kemudian Bhatar belum bisa melaksanakan pesiar.

  3. ABRIGTAR

    Abrigtar-1Merupakan singkatan dari Ajun Brigadir Taruna. Abrigtar adalah pangkat yang disandang oleh taruna Akademi Kepolisian tingkat I setelah melewati pangkat Bhatar. Abrigtar adalah pangkat kedua terendah di resimen Akademi Kepolisian dengan jumlah 2 Chevron (satu diatas, satu dibawah). Jenjang pangkat ini memiliki rentang waktu sekitar kurang lebih 6 bulan menuju pangkat Brigdatar. Abrigtar sudah bergabung satu resimen dengan TK II,III dan IV. Abrigtar sudah bisa melaksanakan dinas SPKT dengan jabatan Banit (Bintara Unit). Kemudian Abrigtar sudah bisa melaksanakan pesiar.

  4. BRIGDATAR

    Brigdatar-1Merupakan singkatan dari Brigadir Dua Taruna. Brigdatar adalah pangkat yang dikenakan oleh taruna Akademi Kepolisian tingkat II setelah melewati pangkat Abrigtar. Pangkat ini adalah pangkat tengah di resimen Akademi Kepolisian dengan jumlah 4 Chevron (dua diatas, dua dibawah) dikenal juga sebagai MACAN AKADEMI. Jenjang pangkat ini memiliki rentang waktu sekitar satu tahun menuju pangkat Brigtutar. Brigdatar dapat melaksanakan dinas SPKT dengan jabatan Kanit (Kepala Unit). Dipangkat ini taruna dapat melaksanakan IBL selama 3 bulan sekali. Dipangkat ini juga taruna TK II paling banyak kegiatan pembelajaran kuliah teori maupun prakterk lapangan.

  5. BRIGTUTAR

    Brigtutar-1Merupakan singkatan dari Brigadir Satu Taruna. Brigtutar adalah pangkat yang dikenakan oleh taruna Akademi Kepolisian tingkat III setelah melewati pangkat Brigdatar. Pangkat ini adalah pangkat kedua tertinggi di resimen Akademi Kepolisian dengan jumlah 5 Chevron (tiga diatas, dua dibawah) dikenal juga sebagai RAJA KAMPUS. Jenjang pangkat ini memiliki rentang waktu sekitar satu tahun menuju pangkat Brigtar. Brigtutar dapat melaksanakan dinas SPKT dengan jabatan Wakil (Watarpagayon) dan juga Tarpa (Tarpagamen, Tarpagayon dan P3DT) apabila taruna TK IV sedang melaksanakan dinas diluar Akademi Kepolisian. Dipangkat ini taruna dapat melaksanakan IBL selama 2 bulan sekali. Dipangkat ini juga taruna TK III paling banyak kegiatan pembelajaran kuliah teori maupun prakterk lapangan serta sudah menerima serah terima jabatan Resimen Korps dan Drum Corps Cendrawasih Akpol. Pangkat ini juga dikenal sebagai pangkat paling Ganteng selama menjadi taruna.

  6. BRIGTAR

    Brigtar-1Merupakan singkatan dari Brigadir Taruna. Brigtar adalah pangkat yang dikenakan oleh taruna Akademi Kepolisian tingkat IV setelah melewati pangkat Brigtutar. Pangkat ini adalah pangkat tertinggi di resimen Akademi Kepolisian dengan jumlah 6 Chevron (tiga diatas, tiga dibawah) dikenal juga sebagai DEWA KAMPUS. Jenjang pangkat ini memiliki rentang waktu sekitar satu tahun menuju pangkat Perwira (IPDA). Brigtar dapat melaksanakan dinas SPKT dengan jabatan Tarpa (Tarpagamen, Tarpagayon dan P3DT). Dipangkat ini taruna dapat melaksanakan IBL selama 1 bulan sekali. Dipangkat ini juga taruna TK IV paling banyak kegiatan pembelajaran diluar kampus Akademi Kepolsian seperti latsitarda, pusdik, latja dan Ulet. Pangkat ini juga merupakan pangkat paling wuenak selama jadi taruna.

Yah ini aja nih guys yang saya share hari ini. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan penyemangat bagi rekan-rekan semua yang mau mendaftar menjadi taruna Akademi Kepolisian. Tetap berusaha, kerja keras dan disiplin serta paling utama adalah restu orang tua kalian. Jika kalian sudah berusaha namun tidak diterima tetap jangan patah semangat. Tuhan pasti mau merubah nasib orang mau berubah, tetap postif dan mungkin rezekinya ada ditempat lain seperti pepatah “Ada begitu banyak jalan menuju Roma“. Sukses itu tidak melulu menjadi polisi lewat jalur akpol. Syukuri dan evaluasi diri untuk menjadi yang lebih baik lagi. Jadikan kegagalan itu sebuah pengalaman untuk menjadi pribadi yg terbaik dimasa depan dan ingat “Pelaut yang tangguh tidak terbentuk dari ombak laut yang tenang“.

KEEP SPIRIT AND KEEP FIGHTING!