Kategori
Tanpa kategori

Sidang Penentuan Akhir (pantukhir) Akpol

Halo semuanya selamat berjumpa kembali bersama saya sidogol. Hari ini saya mau jelasin ke kalian semua calon taruna Akademi Kepolisian mengenai tahap sidang penentuan Akhir (pantukhir) tingkat daerah. Sidang ini dilakukan di polda penerimaan masing-masing daerah.

Sidang pantukhir ini nantinya akan diranking berdasarkan nilai-nilai yang sudah didapatkan, mulai dari Nilai Psikologi, Nilai Jasmani, Nilai akademik dan nilai Kesehatan. Setiap tahun mengalami perubahan untuk masing masing bobot yang dipakai. Untuk tahun 2021 memiliki bobot Akademik (40%), Psikologi (35%) dan Jasmani (25%).

Contoh
Saya memiliki Nilai Akademik 78, Psikologi 81 dan Jasmani 82. Maka perhitungannya adalah (78×40%)+(81×35%)+(82×25%)= 80.05 . Berarti Nilai Akhir Saya adalah 80.05.

Setelah diketahui nilai akhir seluruh taruna. maka akan diurutkan berdasarkan nilai Akhir calon taruna dan nilai akhir calon taruni. Taruna dan taruni dibedakan karena memiliki kuota masing-masing. Kemudian diumumkan jumlah taruna yang akan diberangkatkan ke Akademi Kepolisian untuk mengikuti tahapan tes tingkat pusat.

Sekali lagi saya ingatkan untuk rekan rekan calon taruna ditahap ini merupakan tahap yang paling menentukan. karena beda nilai sedikitpun akan berakibat pada berangkat/tidaknya ke Akademi Kepolisian. Untuk itu manfaatkan waktu untuk berlatih semaksimal mungkin. Buat strategi untuk memaksimalkan nilai yang harus diperoleh. Pahami betul nilai dan bobotnya sehingga kalian bisa lebih fokus ke bobot yang paling besar untuk mendongkrak nilai kalian.

Kalian akan diberikan waktu kurang lebih seminggu untuk mempersiapkan perihal apa saja yang harus dibawa. Berkas yang kurang akan diingatkan juga. Saya sarankan untuk bapak/ibu orang tua untuk menjaga betul calon taruna(dipingit) gaboleh kemana mana seperti pengantin baru aja. Dijaga betul jangan sampai hal-hal kecil dapat mempengaruhi calon taruna sebelum keberangkatan. Minta doa kepada orang tua, saudara, guru dan teman-teman kalian. Disana kalian akan dikumpulkan jadi satu dalam satu flat. Kalian akan sulit berkomunikasi dan bertemu dengan orang tua kurang lebih 1 bulan lamanya. apabila kalian diterima maka akan diberikan kesempatan bertemu kurang lebih 3 jam sebelum berangkat ke magelang.

Demikian postingan kali ini. Mohon untuk komentar dan likenya rekan-rekan guna perbaikan kedepannya. Bagi rekan-rekan yang ingin request postingan apa yang ingin kalian ketahui bisa sampaikan juga ya terutama yang berkaitan dengan Akademi Kepolisian, sekolah kedinasan dan perguruan tinggi. Tetap semangat dan keep fighting!

Bagi rekan-rekan yang ingin soal-soal Psikotes, Akademik dan PMK seleksi Akpol bisa kontak melalui email 53dennyhs@gmail.com atau instagram @dennyhs_53

Oleh Denny Hermawan Saputra

nothing Special

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s