Kategori
Tanpa kategori

PEMERIKSAAN ADMINISTRASI AKHIR (POLDA)

Selamat pagi rekan-rekan semua. Gimana hasil tes Akpol Kalian? amankan? semoga selalu diberikan yang terbaik untuk kalian. Apapun hasilnya tetaplah bersyukur jadikan kegagalan sebagai pembelajaran dan jadikan kesuksesan untuk sarana kita dekat kepada tuhan. Jadilah pribadi yang baik apapun profesi kalian, gunakan ilmu yang kalian miliki untuk mengabdi kepada masyarakat dengan ikhlas agar dapat pahala dari Allah SWT.

Hari ini saya mau bahas tentang pemeriksaan Administrasi Akhir di tingkat Polda. Rikmin Akhir tidak serepot waktu rikmin awal, di rikmin akhir ini calon taruna hanya perlu melengkapi berkas-berkas yang dianggap kurang oleh panda. Karena berkas tersebut akan dikirim ke panitia pusat di Akademi Kepolisian apabila taruna lolos ke tahap penerimaan anggota polri tingkat panpus.

Apa saja yang diperiksa pada tahap ini?

yang diperiksa pada tahap ini adalah keaslian Akta kelahiran, Ijazah (SD,SMP,SMA), KTP, KK, SKCK dan berkas lainnya dengan pengecekan ke instansi-instansi terkait yang mengeluarkan. saya sangat menyarankan kepada rekan-rekan calon anggota polri untuk tidak menggunakan ijazah palsu dalam mendaftar menjadi anggota polri, karena hal ini tersbut termasuk tindak pidana pasal 263 dan 264 KUHP tentang pemalsuan surat. Hal ini beneran terjadi saat proses seleksi akpol tahun 2017. Niat menjadi anggota polri eh malah dibui, kan ga lucu ya.

Selain pemeriksaan keaslian juga diperiksa seperti umur calon pendaftar apakah memenuhi syarat dan kesesuaian berkas yang satu dengan yang lainnya. Di periksa tinggi badan dan berat badan ulang untuk memastikan saja. Domisili juga diperiksa karena harus sesuai pendaftar dengan KTPnya. setelah itu adalah nilai Ujian Nasional dengan ketentuan tidak ada nilai ujian yang berada dibawah 5. Namun untuk tahun 2020 dan 2021 itu sudah tidak ada ujian nasional jadi mungkin aturannya sudah berbeda.

Kemudian di Rikmin akhir ini seluruh calon taruna mengumpulkan berkas sebanyak 4 rangkap. Apa saja berkasnya? bisa dilihat postingan di Rikmin Awal disitu sedang diterangkan berkas apa saja yang wajib dimiliki. Saya menyarankan untuk berkas dibuat minimal 8 rangkap, jadi ketika kalian ke dukcapil, kelurahan atau instansi apapun kalian siapkan 8 fotokopi yang mau dilegalisir kalian minta ke petugasnya bahwa berkas ini untuk daftar akpol. pasti mereka paham. Jadi apabila diperluin secara tiba-tiba ada berkas cadangan.

Pemeriksaan administrasi akhir ini sangat cepat, tidak banyak nunggu seperti tes kesehatan, psikologi dan akademik.

Demikian postingan kali ini. Mohon untuk komentar dan likenya rekan-rekan guna perbaikan kedepannya. Bagi rekan-rekan yang ingin request postingan apa yang ingin kalian ketahui bisa sampaikan juga ya terutama yang berkaitan dengan Akademi Kepolisian, sekolah kedinasan dan perguruan tinggi. Tetap semangat dan keep fighting!

Bagi rekan-rekan yang ingin soal-soal Psikotes, Akademik dan PMK seleksi Akpol bisa kontak melalui email 53dennyhs@gmail.com atau instagram @dennyhs_53

Oleh Denny Hermawan Saputra

nothing Special

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s