Kategori
AKPOL

JABATAN DAN TALIKUR DI AKPOL

halo semuanya, gimana kabar kalian? semoga kalian selalu diberikan kesehatan ya.. aamiin. Kali ini saya mau ngasih informasi tentang Jabatan dan tali yang dikenakannya di Resimen Korps Taruna Akademi Kepolisian. Karena banyak dari rekan rekan semua yang belom tau sebetulnya taruna yang kalian lihat itu jabatannya apa sih? yakan pasti kalian gatau. Untuk itu saya mau jelasin semua jabatan dan talikur yang dikenakan taruna Akpol.

Jabatan di Akpol itu sangat banyak sekali, ada sekitar 120 taruna yang menjabat untuk angkatan yang sedang memegang menkorps ditambah 20 taruna junior yang menjabat juga. Jadi ada sekitar 180 taruna yang menjabat dan mengenakan talikur di Akademi Kepolisian. Jadi wajib kalian tahu, karena mudah untuk dikenali. Jadi langsung aja ya.

  1. DANMENKORPSTAR

    Komandan Resimen Korps Taruna (Danmenkorps) adalah jabatan tertinggi taruna yang ada di akademi kepolisian yang membawahi seluruh taruna di Akademi Kepolisian pada saat itu. Jabatan ini menggunakan Tali kur Merah-kuning-merah dengan tiga bintang di mangkoknya yang berbentuk oval. Jabatan ini dijabat selama satu tahun masa kerja. Kalau di Universitas itu namanya Ketua BEM. Danmenkorps bertugas sebagai penanggung jawab dan penyelenggara fungsi organisasi Resimen Korps Taruna.

  2. WADANMENKORPSTAR

    Wakil Komandan Resimen Korps Taruna (Wadanmenkorpstar) adalah jabatan kedua tertinggi taruna yang ada di akademi kepolisian yang berkedudukan dibawah Danmenkorpstar dan bertanggung jawab kepada Danmenkorpstar pada saat itu. Jabatan ini menggunakan Tali kur Merah-kuning-merah dengan tiga bintang di mangkok yang berbentuk oval. Jabatan ini dijabat selama satu tahun masa kerja. Kalau di Universitas itu namanya wakil ketua BEM. Wadanmenkorpstar bertugas membantu Danmenkorpstar dalam menyelenggarakan pengendalian pelaksanaan tugas organisasi Resimen Korps Taruna, dalam batas-batas kewenangannya memimpin Resimen Korps Taruna dalam hal Danmenkorpstar berhalangan serta melaksanakan tugas lain.

  3. KALEMUSTAR

    Kepala Lembaga Musyawarah Korps Taruna (Kalemustar) adalah jabatan ketiga tertinggi taruna yang ada di Akademi Kepolisian yang membawahi seluruh taruna Akademi Kepolisian perihal Aspirasi dan masukan taruna kepada Lembaga Akademi Kepolisian. Jabatan ini menggunakan talikur warna hitam-kuning-hitam dengan tiga bintang di mangkok yang berbentuk segi-8. Kalemustar dijabat selama satu tahun masa kerja. Tugas Kalemustar adalah menampung dan menyalurkan aspirasi seluruh taruna kepada pengasuh dan ankum. Kalemustar membawahi: Sekretaris Lemustar, Lemustar Batalyon, Kepala Lembaga Musyawarah Taruna Batalyon dan Lemustar Kompi.

  4. DANYONKORPSTAR

    Komandan Batalyon Korps Taruna adalah unsur pejabat Resimen Korps Taruna yang berkedudukan di lingkungan Batalyon Taruna dan bertanggung jawab kepada Danmenkorpstar yang bertugas membantu Danmenkorpstar dalam menyelenggarakan tugas pokok di lingkungan Batalyon Taruna. Danyonkorps ada 4 yaitu Danyonkorps Tk IV (Dansen), Danyonkorps TK III, II dan I. Jabatan ini menggunakan talikur warna Kuning-merah-kuning- dengan dua bintang di mangkok yang berbentuk oval. Danyonkorps senior (Dansen) dijabat dari serah terima jabatan hingga taruna Tk IV melaksanakan Prasetya Perwira (Praspa). Danyonkorps memiliki anggota 5 dankikorps dan 14 dantonkorps.

  5. KASIOPS

    Kepala Seksi Operasional Korps Taruna (KASIOPS) adalah unsur pejabat Resimen Korps Taruna dalam bidang protokoler, hubungan masyarakat, Informasi teknologi, sosial dan budaya serta pembinaan tradisi di lingkungan Resimen Korps Taruna yang berada di bawah Danmenkorpstar. Jabatan ini menggunakan talikur warna Biru-kuning-Biru dengan dua bintang di mangkok yang berbentuk segi-5. kasieops menjabat selama satu tahun masa kerja dan membawahi Kepala Sub seksi Pembinaan dan Tradisi, Kepala Sub seksi Protokoler, Kepala Sub seksi Sosial Budaya, Kepala Sub seksi Hubungan Masyarakat, Kepala Sub seksi Informasi dan Teknologi

  6. KASETMENKORPSTAR

    Kepala Sekretariat Resimen Korps Taruna (Kasetmenkorps) adalah unsur pejabat Resimen Korps Taruna dalam bidang surat menyurat dan administrasi di lingkungan Resimen Korps Taruna yang berada di bawah Danmenkorpstar. Jabatan ini menggunakan talikur warna biru-kuning-biru dengan dua bintang di mangkok yang berbentuk segi-5. Kasetmenkorps dijabat selama satu tahun masa kerja.

  7. KASIMIN

    Kepala Seksi Administrasi (Kasimin) adalah jabatan taruna yang bertugas unsur pejabat Resimen Korps Taruna dalam bidang personalia, pendidikan, keuangan dan logistik, koperasi, pembinaan rohani dan mental serta olahraga di lingkungan Resimen Korps Taruna yang berada di bawah Danmenkorpstar. Jabatan ini menggunakan talikur warna biru-kuning-biru dengan dua bintang di mangkok yang berbentuk segi-5. Kasimin dijabat selama satu tahun masa kerja dengan membawahi: Kepala Sub seksi Personalia, Kepala Sub seksi Keuangan dan Logistik, Kepala Sub seksi Pendidikan, Kepala Sub seksi Koperasi, Kepala Sub seksi Olahraga, Pembinaan Rohani dan Mental, Taur islam, Taur nasrani, Taur katolik dan Taur hindu.

  8. SESLEMUSTAR

    Sekretaris Lembaga Musyawarah Taruna yang selanjutnya disebut Ses Lemustar adalah unsur pejabat Resimen Korps Taruna yang berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Kalemustar yang bertugas membantu Kalemustar dalam menyelenggarakan fungsi pengawasan pelaksanaan tugas di lingkungan Resimen Korps Taruna. Jabatan ini menggunakan talikur warna biru-kuning-biru dengan dua bintang di mangkok yang berbentuk segi-8. Seslemustar dijabat selama satu tahun masa kerja dengan membawahi Kepala Lembaga Musyawarah Taruna Batalyon (kalemyon) dan Lemustar Kompi (Lemki).

  9. DANYON DC

    Komandan Batalyon Drum Corps yang selanjutnya disingkat Danyon DC adalah unsur pejabat Resimen Korps Taruna dalam bidang penyelenggaraan Tradisi Drum Corps Pelopor Cendrawasih Akademi Kepolisian di lingkungan Resimen Korps Taruna yang berada di bawah Danmenkorpstar. Jabatan ini menggunakan talikur warna Kuning-merah-kuning dengan dua bintang di mangkok yang berbentuk oval dengan relief seperti instrumen bellyra . Seslemustar dijabat selama satu tahun masa kerja.

  10. DANPOLTAR

    Komandan Polisi Taruna yang selanjutnya disingkat Danpoltar adalah unsur pejabat Resimen Korps Taruna dalam bidang pengamanan internal termasuk penegakan disiplin dan ketertiban di lingkungan Resimen Korps Taruna yang berada di bawah Danmenkorpstar. Jabatan ini menggunakan talikur warna merah-putih-merah dengan dua bintang di mangkok yang berbentuk oval serta relief logo poltar . Danpoltar dijabat selama satu tahun masa kerja.

  11. KALEMYON

    Kepala Lembaga Musyawarah Taruna Batalyon yang selanjutnya disingkat Kalemyon unsur pejabat Resimen Korps Taruna yang berkedudukan di lingkungan Batalyon Taruna dan bertanggung jawab kepada Kalemustar yang bertugas membantu Kalemustar dalam menyelenggarakan fungsi pengawasan pelaksanaan tugas di lingkungan Batalyon Taruna. Jabatan ini menggunakan talikur warna Kuning-hitam-kuning dengan dua bintang di mangkok yang berbentuk segi-8 serta relief logo akpol . Kalemyon dijabat selama menjadi taruna dan bisa diberhentikan apabila pelanggaran, her dan lainnya.

  12. LEMUSTAR

    Lembaga Musyawarah Taruna Batalyon yang selanjutnya disingkat Lemustar adalah unsur pejabat Resimen Korps Taruna yang berkedudukan di lingkungan Batalyon Taruna dan bertanggung jawab kepada Kalemustar yang bertugas membantu Kalemustar dalam menyelenggarakan fungsi pengawasan pelaksanaan tugas di lingkungan Batalyon Taruna. Jabatan ini menggunakan talikur warna Kuning-hitam-kuning dengan satu bintang di mangkok yang berbentuk segi-8 serta relief logo akpol. Lemustar dijabat hingga Prasetya Prawira (praspa) dan dapat diberhentikan apabila pelanggaran, her dan lainnya.

  13. DANKIKORPS

    Komandan Kompi Korps Taruna yang selanjutnya disingkat Dankikorpstar adalah unsur pejabat Resimen Korps Taruna yang berkedudukan di lingkungan Batalyon dan bertanggung jawab kepada Danyonkorpstar yang bertugas membantu Danyonkorpstar dalam menyelenggarakan tugas pokok di lingkungan Batalyon Taruna. Jabatan ini menggunakan talikur warna Merah-Kuning dengan satu bintang di mangkok yang berbentuk oval serta relief logo akpol. Dankikorpstar ada 5 setiap batalyon yaitu Dankikorpstar A, B, C, D dan E. Untuk Dankikorps yang menjabat di batalyon TK IV (Dankisen) dijabat hingga taruna TK IV pelantikan Prasetya Prawira (praspa) sedangkan untuk Danki junior hanya masa satu tahun kerja. Nah saya menjabat sebagai Dankisen C TK IV/53.

  14. TAUR AGAMA

    Tata Urusan Agama yang selanjutnya disingkat Taur Agama adalah unsur pejabat Resimen Korps Taruna yang bertanggung jawab atas kegiatan di bidang Keagamaan di lingkungan Resimen Korps. Taur agama terdapat 4 yaitu Taur Agama Islam, Taur Agama Kristen, Taur Agama Katholik dan Taur Agama Hindu. Jabatan ini menggunakan talikur warna biru-biru dengan bentuk segi-5 dan relief logo akpol.

  15. KASUBSIE

    Kepala Sub Seksi yang selanjutnya disingkat Kasubsi adalah  unsur pejabat Resimen Korps Taruna dalam berbagai bidang di lingkungan Resimen Korps Taruna. Mulai dari bidang: Kasubsi Bintra, Kasubsi sosbud, Kasubsi Protokoler, Kasubsi Humas, Kasubsi IT, Kasubsi OR, Kasubsi Pers, Kasubsi Dik, Kasubsi Kulog dan Kasubsi Koperasi.

  16. POLTAR

    Polisi Pleton Taruna (poltar) adalah unsur pejabat Resimen Korps Taruna dalam bidang pengamanan internal termasuk penegakan disiplin dan ketertiban di lingkungan Resimen Korps Taruna yang berada di bawah Danpoltar. Jabatan ini menggunakan talikur warna Kuning-putih-kuning dengan satu bintang di mangkok yang berbentuk oval serta relief logo poltar. Jabatan poltar ini sampai praspa.

  17. DANTONKORPS

    Komandan Pleton Korps Taruna yang selanjutnya disingkat Dantonkorpstar adalah unsur pejabat Resimen Korps Taruna yang berkedudukan didalam pleton dan bertanggung jawab kepada Dankikorpstar yang bertugas membantu Dankikorpstar dalam menyelenggarakan tugas pokok di dalam pleton Taruna. Jabatan ini menggunakan talikur warna Merah-Merah dengan mangkok yang berbentuk oval serta relief logo akpol. Dantonkorpstar ada 14 setiap batalyon yaitu Dantonkorps 1A sampai 2E. Untuk Dantonkorps yang menjabat di batalyon TK IV (Dantonsen) dijabat hingga taruna TK IV pelantikan Prasetya Prawira (praspa) sedangkan untuk Danton junior hanya masa satu tahun kerja.

  18. LEMUSTAR TK III

    Lemustar TK III memilik tugas yang sama seperti lemustar. bedanya hanya di tali dan mangkoknya saja yaitu menggunakan talikur warna Kuning-hitam dengan mangkok yang berbentuk segi-8 serta relief logo akpol tanpa bintang.

  19. LEMUSTAR TK II

    Lemustar TK II memilik tugas yang sama seperti lemustar. bedanya hanya di tali dan mangkoknya saja yaitu menggunakan talikur warna hitam-hitam dengan mangkok yang berbentuk segi-8 serta relief logo akpol tanpa bintang.

  20. POLTAR JUNIOR

    Polisi Pleton Taruna (poltar) adalah unsur pejabat Resimen Korps Taruna dalam bidang pengamanan internal termasuk penegakan disiplin dan ketertiban di lingkungan Resimen Korps Taruna yang berada di bawah Danpoltar. Untuk poltar junior ini menggunakan talikur warna Kuning-putih dengan tanpa bintang di mangkok yang berbentuk oval serta relief logo poltar. Jabatan poltar ini sampai praspa.

Ya itu semua adalah jabatan dan talikur yang digunakan oleh taruna Akademi Kepolisian. Jadi udah jelas dan paham ya rekan-rekan semua, apabila nnti bertemu taruna pesiar, ibl atau cuti lalu melihat taruna menggunakan tali kalian sudah paham apa kira-kira jabatannya apa hehe.

Itu saja yang bisa saya sampaikan tetap semangat dan pantengin terus postingan selanjutnya.

“A great man does not seek applause or place; he seeks for truth; he seeks the road to happiness, and what he ascertains, he gives to others.”

Robert Green Ingersoll

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s