Kategori
Tanpa kategori

Penelusuran Mental Kepribadian (PMK) dan Wawancara

Selamat pagi semua, aku mau nanya sama kalian yang katanya calon anggota polri. Udah nyiapin apa aja nih buat jadi anggota polri? berkas udah beres? latihan fisik udah belom? akademik udah baca apa aja? psikotes gimana? pertanyaan simpel namun pelaksanaannya yang berat. Karena pelaksanaannya yang berat maka butuh yang namanya disiplin. Displin itu dasarnya orang sukses, orang sukses tidak ada yang malas malasan. Tokoh terkenal yang sukses mengawali setiap kegiatannya dengan rencana, melakukannya dengan disiplin dan mengakiri dengan analisa dan evaluasi. Tiga hal tersebut mereka laksanakan dengan setiap hari dengan konsisten tanpa lelah dan tanpa menyerah dengan target-target yang ringan dan jelas. Terpaksa diubah konsisten menjadi suatu karakter yang sulit dikalahkan. Berawal dari terpaksa hingga tercipta suatu kebiasaan yang biasa dilakukan sampai mereka tidak sadar jika yang mereka lakukan adalah kebiasaan yang dulunya sulit mereka lakukan.

Tes-Mental-Ideologi-MI-Tes-Masuk-TNI-1Baik saya rasa awalan yang bagus untuk memulai pembahasan terkait tes Penelusuran Mental Kepribadian, tes ini adalah suatu cara tester untuk mengetahui kepribadian peserta meliputi aspek mental, kepribadian, kejiwaan, psikis, orientasi perilaku menyimpang, radikalisme, SARA, catatan kriminalitas dalam kegiatan masyarakat atau lingkungannya.

Pada tahap tes PMK ini, calon taruna diharuskan membawa pas foto tampak depan, samping kiri, samping kanan sebanyak masing masing 3 buah dengan background warna merah. Foto ini nantinya digunakan untuk foto berkas pihak tester. Peserta diwajibkan untuk mengisi seluruh data diri, data orang tua, kakak, adik saudara dari ibu dan ayah. Seluruhnya yang tertera didalam Kartu keluarga. Setelah pengisian data diri, peserta akan diperintahkan untuk membuat uraian dari 20 pertanyaan terkait, kelebihan dan kekurangan diri, radikalisme, sara, kriminalistas dan lainnya.

Setelah pengisian selesai, seluruh calon taruna Akademi Kepolisian dipersilahkan untuk menunggu giliran untuk melaksanakan wawancara. Wawancara didasarkan pada data diri yang diisi dan penulisan terkait pertanyaan-pertanyaan yang sudah diisi. Jadi kalian isi saja yang sebenar-benarnya jangan ada yang ditutupi. Karena mereka paham betul cara cara mengetahui kepribadian seseorang.

Tiba giliran kalian, nnti kalian diperintahkan untuk menghadap meja yang mana di suatu ruangan tersebut sudah banyak sekali meja. Mungkin ada 12. setelah tau kalian menghadap meja yang mana, kalian datang menghadap. hormat (dibalas)
kemudian Laporan
“Lapor, Nama Denny Hermawan Saputra. Nomor tes 1113. Asal Polres Metro Jakarta Barat. Selanjutnya siap melaksanakan tes PMK.” kemudian duduk saat dipersilahkan.

Nah dibagian ini setiap tester itu beda, beda nanyanya. biasanya kalian disuruh cerita ttg diri kalian dari lahir sampe skrng saat tes. Nanti itu tester bakalan nanya sendiri. karena tidak pasti pertanyaannya tergantung pada data diri. ada yang disuruh ngaji, baca pancasila, beladiri, nyanyi indonesia raya, langkah tegap sendiri. Intinya tes ini untuk mencari yang mental, kepribadian bagus dan tidak terpapar radikalisme atau pernah dihukum pokoknya yang bener bener bersih dari hal hal yang dapat merusak polri kedepannya.

Nah itu merupakan rangkaian tes penelusuran mental kepribadian berdasarkan pengalaman saya. Tiap orang mungkin mengalami hal yang berbeda dengan saya. Namun saya hanya ingin memberika gambaran terkait tes tersebut kepada rekan-rekan secara cuma-cuma. Karena saya ingin informasi ini berguna bagi rekan-rekan, sulit sekali dapat informasi seperti ini. Saya harap informasi ini kalian persiapkan sebaik mungkin.

Demikian postingan kali ini. Mohon untuk komentar dan likenya rekan-rekan guna perbaikan kedepannya. Bagi rekan-rekan yang ingin request postingan apa yang ingin kalian ketahui bisa sampaikan juga ya terutama yang berkaitan dengan Akademi Kepolisian, sekolah kedinasan dan perguruan tinggi. Tetap semangat dan keep fighting!

Bagi rekan-rekan yang ingin soal-soal Psikotes, Akademik dan PMK seleksi Akpol bisa kontak melalui email 53dennyhs@gmail.com atau instagram @dennyhs_53

Oleh Denny Hermawan Saputra

nothing Special

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s