Kategori
AKPOL

TES PSIKOLOGI I

Tes psikologi yang pertama ini biasa yang diujikan ada 3 materi ujian. tiap tahunnya mengalami perbedaan materi uji. Pada tahun 2017, yang diujikan itu EPPS, TPA DASAR dan PAULI. Tahun-tahun sebelumnya juga sama seperti itu. Namun, pada tahun 2018 mengalami perubahan yakni EPPS, TPA DASAR dan ANGKA HILANG. Jadi tes Pauli pada saat itu dihilangkan, sedikit kaget juga karena yang saya siapkan adalah tes pauli bukan angka/simbol hilang. Tapi Alhamdulillah pada saat itu saya dapat mengerjakan dengan baik dan lancar. Yuk kita bahas materi apa aja yg diujikan pada Tes Psikologi-I Akpol tingkat Panda.

  1. EPPS

    Edward’s Personal Preference Schedule (EPPS) atau kita biasanya tes kepribadian merupakan salah satu tes kepribadian yang dirancang untuk mengukur atau menggambarkan keunikan kepribadian seseorang berdasarkan teori kebutuhan A.H. Murray. Pada teori kebutuhan Murray, terdapat 20 kebutuhan yang kemudian disederhakan dalam bentuk metode tes kepribadian oleh Allen L. Edward, dengan hanya mengambil 15 kebutuhan saja. Pengembangan aplikasi tes kepribadian dengan metode EPPS ini dipilih karena tes kepribadian ini lebih sering digunakan (Hartono, 2006).

pada tes EPPS ini biasanya calon taruna diberikan instruksi EPPS seperti:

  1. Testee memilih satu dari dua pernyataan yang telah disediakan (A atau B) yang lebih menggambarkan dirinya.
  2. Apabila dua pernyataan tersebut sama-sama tidak disukai atau sama-sama disukai, testee tetap harus memilih mana yang lebih khas menggambarkan
  3. Pilihan harus berdasarkan perasaan testee, tidak berdasarkan apa yang dianggap wajar.
  4. Tidak ada jawaban benar atau salah.
  5. Jangan ada item yang terlewati.

2. TPA DASAR

Tes Potensi Akademik atau TPA merupakan tes psikologi yang dapat mengungkap apa yang telah dicapai seseorang secara intelektual. Karena mengungkap kualitas intelektual, maka tinggi/rendah-nya nilai TPA sering dihubungkan dengan tinggi/rendah-nya tingkat kecerdasan.

Tes Potensi Akademik adalah tes yang terdiri dari berbagai jenis soal. Setiap jenis memiliki tujuan pengukuran kecerdasan yang berbeda.

Ada empat jenis utama soal tes TPA, yaitu sebagai berikut.

1. Tes verbal

Tes verbal berfungsi untuk mengukur kecerdasan seseorang dalam kata-kata dan bahasa. Beberapa bentuk soal tes verbal antara lain sinonim (persamaan kata), antonim (lawan kata), padanan hubungan kata, dan pengelompokan kata.

2. Tes angka

Jenis soal lainnya dalam Tes Potensi Akademik adalah tes angka. Sesuai namanya, jenis psikotes kerja yang satu ini berfungsi untuk mengukur kecerdasan seseorang dalam bidang angka. Tes ini akan mengukur seberapa kamu berpikir terstruktur dan logis matematis. Beberapa bentuk soal tes angka antara lain aritmetik (hitungan), seri angka, seri huruf, logika angka, dan angka dalam cerita.

3. Tes logika

Tes logika berfungsi untuk mengukur kemampuan seseorang dalam penalaran dan pemecahan masalah secara logis atau masuk akal. Biasanya, banyak orang terkecoh pada jenis soal yang satu ini. Beberapa bentuk soal tes logika antara lain logika umum, analisis pernyataan dan kesimpulan (silogisme), logika cerita), dan logika diagram.

4. Tes spasial atau gambar

Jenis soal keempat dalam TPA adalah tes spasial atau gambar. Tes ini berfungsi untuk mengukur daya logika ruang seseorang. Beberapa bentuk soal tes spasial atau gambar antara lain padanan hubungan gambar, seri gambar, pengelompokkan gambar, bayangan gambar, dan identifikasi gambar.

Oleh Denny Hermawan Saputra

nothing Special

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s