Kategori
Tanpa kategori

TES AKADEMIK AKPOL PANDA

Semangat pagi rekan-rekan semua. Gimana hari ini masih semangatkan? Pagi ini saya mau sharing nih terkait Tes Akademik Tingkat Penerimaan Daerah. Tes Akademik itu memiliki bobot yang paling besar dibandingkan dengan tes lainnya. Tes Akademik merupakan kesempatan besar untuk mendongkrak ranking rekan rekan ketika sidang pantukhir nanti. Tes ini memiliki bobot 40% paling besar diantara yg lain.

Tes Akademik dari tahun ke tahun hampir sama jenis materi yang diujikan hampir sama. Di tahap ini rekan-rekan akan dihadapkan dengan tiga ujian yang berbeda diantaranya pengetahuan umum, bahasa indonesia dan matematika (IPA/IPS). Pengetahuan umum dan bahasa indonesia dilaksanakan oleh calon taruna baik IPA maupun IPS semuanya mengerjakan soal yang sama sedangkan untuk matematika berbeda antara catar dari IPA dan catar dari IPS. Tentu saja catar IPA mengerjakan matematika IPA dan catar IPS mengerjakan soal matematika IPS dan tidak ada perbedaan dari hasil nilainya walaupun soal matematika IPA lebih sulit daripada IPS.

  1. Tes Pengetahuan Umum

    untuk dapat menyelesaikan tes ini calon taruna harus mampu dan memiliki pengetahuan di bidang kewarganegaraan, pancasila, UU kepolisian, sejarah yang berkaitan dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Wawasan kebangsaan serta ilmu pengetahuan sosial. Semua materi diatas dapat kalian cari di Internet itu ada banyak sekali. Secara umum sih materinya itu, namun belom ada kepastian untuk soal yang keluar itu pada saat pelaksanaan tes itu apa. Sekedar informasi untuk tahun 2017 ketika saya daftar itu lebih banyak tentang ilmu pengetahuan sosial berbeda ketika tahun 2018, soal yang keluar itu kebanyakan tentang kewarganegaraan dan Pancasila. Saya menyarankan kepada rekan-rekan semua agar mempelajari semua materi yang sudah saya jelaskan tadi. Karena tidak ada jaminan pasti soal yang keluar apa. Jumlah soalnya 50 butir dikerjakan dalam waktu 90 menit.

  2. Tes Bahasa Indonesia

    Nah ini merupakan tes yang mudah saat mengerjakan namun kaget ketika melihat hasil nilainya karena tidak sesuai dengan ekspektasi saya. Ketika mengerjakan soal bahasa indonesia terasa mudah namun nilainya ko jelek ya hahaha. Itu yang saya alami ketika tes di panda dulu. Karena yang paling tinggi pun hanya 72 nilainya. Mungkin saya yang tidak paham soalnya ahaha.
    Okay cukup sudah ceritanya, Tes akademik materi bahasa indonesia ini kurang lebih sama seperti UN SMA. Bagi kalian yang sudah tidak ada UN SMA bisa nyari aja soal soal SMA tahun sebelumnya yang masih ada UN. Materinya itu tentang paragraf, puisi, jenis-jenis majas, penulisan EYD, grafik dan materi bahasa indonesia lainnya. Jumlah soalnya waktu itu ada 50 soal dikerjakan dalam waktu 90 menit. Kalian pelajari materi UN Bahasa Indonesia tingka SMA aja juga udah cukup ko.

  3. Matematika (IPA/IPS)

    Rekan-rekan semua dibagian yang ketika ini adalah Matematika. Bagian ini dibagi menjadi 2 yakni Matematika IPA dan Matematika IPS. Materi yang perlu rekan-rekan pelari adalah semua materi yang dipelajari ketika kalian SMA. Saya mempelajari materi yang ujikan itu kurang lebih sama seperti materi Ujian Nasional Matematika. Jadi saya menyarankan kepada rekan-rekan semua untuk mempelajari soal-soal ujian nasional. Hal ini berlaku untuk IPA/IPS. Saya melihat bahwa soal yang diujikan lebih mudah dari ujian nasional dengan angka-angka yang relatif bulat.

Demikian postingan kali ini. Mohon untuk komentar dan likenya rekan-rekan guna perbaikan kedepannya. Bagi rekan-rekan yang ingin request postingan apa yang ingin kalian ketahui bisa sampaikan juga ya terutama yang berkaitan dengan Akademi Kepolisian, sekolah kedinasan dan perguruan tinggi. Tetap semangat dan keep fighting!

Bagi rekan-rekan yang ingin soal-soal Psikotes, Akademik dan PMK seleksi Akpol bisa kontak melalui email 53dennyhs@gmail.com atau instagram @dennyhs_53

Oleh Denny Hermawan Saputra

nothing Special

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s