Kategori
Tanpa kategori

OUTFIT PDH TARUNA AKPOL

Halo rekan rekan semua, hari ini saya mau menjelaskan mengenai outfit PDH taruna Akademi Kepolisian. Pakaian Dinas Harian (PDH) merupakan seragam taruna yang paling sering digunakan baik giat harian di Akpol, pesiar, IBL dan cuti. Rekan-rekan biasanya sering melihat taruna Akpol pada saat -saat libur panjang. Lalu apa aja sih yang dipakai termasuk aksesorisnya itu apa namanya ya? Pasti belum pada taukan? yuk langsung aja kita bahas.

  1. PET PDH

    Adalah penutup kepala yang digunakan oleh taruna Akademi Kepolisian memiliki warna coklat dengan bagian depan pataka Akademi Kepolisian. Pet PDH memiliki perbedaan antara taruna dan taruni. Bisa rekan rekan bandingkan perbedaannya di foto diatas.

  2. EVOLET

    Adalah sebuah tanda kesatuan dari siswa yang sedang menjalani pendidikan. Evolet akademi kepolisian berwarna merah dengan motif kotak kotak serta terdapat pataka Akpol dan tulisan Akpol.

  3. KOPSTAKEN

    Kopstaken adalah aksesoris yang terdapat dikerah baju taruna akademi kepolisian dengan warna merah sebagai pertanda bahwa taruna akademi kepolisian adalah calon pimpinan Polri dimasa yang akan datang.

  4. BREVET BASARNAS

    Adalah brevet kemampuan yang dimiliki oleh taruna akademi kepolisian karena telah berhasil lulus dan melewati pelatihan SAR DARAT atas kerjasama Lemdiklat Polri dan BASARNAS.

  5. PULPEN

    Digunakan dalam kegiatan taruna dalam hal mencatat atensi, hal-hal penting diluar kuliah. Dengan buku saku yang berada didalam kantong saku di bajunya berupa buku saku podologi merah dan buku saku coklat untuk penambahan NSP.

  6. BAJU PDH

    Baju berwarna coklat seperti baju pramuka namun memiliki bahan yang berbeda. Baju PDH ini merupakan kemeja coklat polos apabila seluruh aksesosirnya brevetnya dilepas.

  7. PANGKAT

    Adalah tanda kepangkatan taruna yang berbentuk chevron. Tanda kepangkatan ini terbagi menjadi 5 yaitu Bhayangkara Taruna (Bhatar/Tk I), Ajun Brigadir Taruna (Abrigtar/Tk I), Brigadir Dua Taruna (Brigdatar/Tk II), Brigadir Satu Taruna (Brigtutar/Tk III) dan Brigadir Taruna (Brigtar/Tk IV). Next postingan kita bahas kepangkatan taruna ya.

  8. BREVET SAR LAUT

    Adalah brevet kemampuan yang dimiliki oleh taruna akademi kepolisian karena telah berhasil lulus dan melewati pelatihan SAR LAUT atas kerjasama Lemdiklat Polri dan BASARNAS.

  9. BREVET SELAM POLRI

    Adalah brevet kemampuan yang dimiliki oleh taruna akademi kepolisian karena telah berhasil lulus dan melewati pelatihan Selam Polri yang diselenggarakan oleh Akademi Kepolisian.

  10. NAME TAG

    Adalah nama taruna Akademi Kepolisian dengan bentuk persegi panjang berwarna hitam dengan tulisan berwarna putih.

  11. PIN INTEGRASI

    Adalah Brevet yang diberikan atas kelulusan dan telah melewati pendidikan dasar Chandradimuka gabungan 4(empat) matra Akmil, AAL, AAU dan Akpol yang dilaksanakan di lembah tidar Akmil, Magelang, Jawa Tengah selama 3 bulan lamanya. Brevet ini dikenal sebagai Pin Integrasi TNI POLRI. Dengan adanya pendidikan dasar Chandradimuka ini diharapkan para perwira TNI maupun Polri dapat saling mengenal, bekerja sama saat berdinas nanti.

  12. SABUK GESPER

    Sabuk gesper webbing biasa berwarna hitam dengan dengan kepala gesper berwarna kuning dengan pataka ditengah kepala sabuknya.

  13. BREVET MENEMBAK

    Adalah brevet kemampuan yang dimiliki oleh taruna akademi kepolisian karena telah berhasil lulus dan melewati pelatihan Menembak dalam pelatihan yang dilakukan oleh Akademi Kepolisian selama menjadi taruna.

  14. JAM TANGAN

    Jam tangan taruna akademi kepolisian merupakan jam tangan merk Casio dengan tipe G-Shock DW 6900. Jam tangan ini merupakan jam tangan pembagian dari Akademi Kepolisian. dan hanya dibagikan sekali selama menjadi taruna. kalo mau tau harganya silakan bisa cek di mbah gugel.

  15. CELANA PDH

    Celana bahan berwarna coklat tua. Selama menjadi taruna celana dan baju PDH selalu dibagikan sebanyak 2 pasang (baju-celana) setiap semesternya (6 bulan).

  16. SEPATU PDH

    Sepatu PDH taruna Akademi kepolisian berwarna hitam mengkilap. Selalu digunakan taruna setiap kegiatan harian, pesiar, IBL dan cuti.

Gimana udah taukan apa aja outfit PDH taruna Akpol? jadi saya pertegas lagi ke rekan-rekan semua bahwa outfit diatas itu didapat dan diberikan oleh akademi kepolisian ke semua taruna secara gratis. Pokoknya kalo udah keterima di Akpol dari ujung kepala sampe ujung kaki ga perlu mikirin lagi karena semuanya sudah disediakan tinggal kitanya saja yang harus merawatnya. Jadi saya berharap informasi outfit ini dapat dijadikan semangat untuk rekan rekan semua yang ingin mendaftar menjadi taruna Akpol. Keep Fighting!

Oleh Denny Hermawan Saputra

nothing Special

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s