Kategori
Tanpa kategori

Seragam Taruna Akpol (Gamtar Akpol)

Banyak rekan-rekan yang menanyakan kepada saya terkait seragam taruna akademi kepolisian, termasuk orang tua saya. Mereka menanyakan “seragam taruna itu ada apa aja? digunakan pada saat kapan?, bedanya seragam ini sama ini apa?”. Begitu banyak pertanyaan mengenai gamtar taruna akpol yuk kita bahas satu persatu gamtar akpol.

Seragam taruna Akpol itu ada 13 veris saya ya. setiap seragam taruna memiliki nama, waktu digunakan dan aturan pemakaian yang berbeda beda serta peruntukan penggunaannya. Jadi setiap kegiatan pasti ada seragam pasti yang harus digunakan disesuaikan dengan situasi dan kondisi serta jenis kegiatannya. langsung aja yuk ke nomor 1.

  1. PDU Sabuk Silang

    Pakaian Dinas Upacara (PDU) sabuk silang adalah seragam taruna akademi kepolisian yang digunakan untuk upacara resmi seperti peringatan hari Nasional seperti kemerdekaan RI di Istana Negara, sumpah pemuda, hari pahlawan dan upacara lainnya. Gamtar ini merupakan gamtar paling dikenal oleh masyarakat Indonesia. Pada saat upacara biasanya dibarengi dengan penggunaan senjata dalam kegiatannya. Pengunaan gamtar ini sering digunakan saat upacara Kemerdekaan RI di Istana Negara.

    PDU SABUK SILANG 1

  2. PDU Kadga

    Pakaian Dinas Upacara (PDU) Kadga adalah seragam taruna akademi kepolisian yang digunakan untuk upacara-upacara bukan peringatan hari Nasional seperti upacara pelepasan Perwira Remaja (Paja), Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab), upacara kenaikan pangkat dan lainnya. Pengunaan gamtar ini biasanya digunakan hanya di lingkungan Akademi Kepolisian saja.

    PDU KADGA 2

  3. PDL A1

    Pakaian Dinas Latihan (PDL) A1 adalah seragam taruna akademi kepolisian yang digunakan untuk kegiatan latihan, harian, kuliah lapangan dan apel. Gamtar ini merupakan gamtar yang paling sering digunakan saat jadi taruna. banyaknya kegiatan lapangan seperti menembak, patroli sabhara, latihan PBB dan kegiatan lapangan lainnya digunakan PDL A1. PDL A1 ini dulu sebelum covid-19 digunakan hanya pada hari selasa, jumat, sabtu saja. Namun saat ini kondisinya masih siaga 1 akibat pandemi corona maka setiap hari menggunakan gamtar ini.

  4. PDL SUS

    Pakaian Dinas Latihan Khusus (PDL SUS) adalah seragam taruna akademi kepolisian yang digunakan untuk kegiatan dinas SPKT, kegiatan harian dan praktek fungsi teknis Sabhara. Gamtar ini sering digunakan pada saat taruna yang berdinas SPKT baik Tarpagamen, Watarpagamen, P3DT, Tarpagayon, Watarpagayon, Kanit dan Banit. Apabila rekan-rekan memasuki resimen Akpol, kalian pasti bertemu taruna yang berdinas jaga di depan penjagaan menggunakan gamtar ini.

    PDL SUS 2

  5. PDL SUS LANTAS

    Pakaian Dinas Latihan Khusus Lalu lintas (PDL SUS Lantas) adalah seragam taruna yang digunakan pada saat taruna melaksanakan kegiatan fungsi teknis lalu lintas baik saat praktek lantas di akpol, pusdik dan latihan kerja. Gamtar ini sama seperti gamtar PDL SUS bedanya jika di PDL SUS Lantas menggunakan Pet Putih dan Kopel Putih serta Peluit putih.

    OLYMPUS DIGITAL CAMERA

  6. PDPM

    Pakaian Dinas Pesiar Malam (PDPM) adalah seragam taruna yang digunakan pada saat pesiar malam, kegiatan ke pesta pernikahan dan acara resmi lainnya yang bukan upacara. Seragam Taruna yang ini merupakan segaram yang paling “GANTENG”. Keren banget lah pokoknya kalo udah pake seragam ini pasti cewe cewe meleleh.

    PDPM 1

  7. PDPS

    Pakaian Dinas Pesiar Siang (PDPS) adalah seragam taruna yang digunakan pada saat pesiar siang, kegiatan acara ibadah (Pengisi Acara), taruna yang termasuk kedalam Tim Band Akpol. Seragam taruna Akpol yang pake dasi ya cuman ini.

    PDPS 1

  8. PDH

    Pakaian Dinas Harian (PDH) adalah seragam taruna yang digunakan untuk kegiatan harian yang sifatnya bukan lapangan seperti kegiatan kuliah dan pesiar. Gamtar ini merupakan gamtar yang paling banyak pernak perniknya. ada Brevet, kopstaken, pangkat peniti dll. Seragam ini memiliki atasan yang pendek. Untuk kegiatan harian menggunakan penutup kepala jenis baret sedangkan untuk kegiatan pesiar menggunakan topi pet coklat.

    PDH 2

  9. OLAHRAGA

    Seragam Taruna pada saat olahraga menggunakan training akademi kepolisian. Training akademi kepolisian ada dua warna, Training Akpol Hitam dan Training Akpol Kuning. Untuk training Akpol warna hitam digunakan oleh taruna akademi kepolisian yang paling senior (TK IV). Yang warna kuning untuk taruna junior yaitu TK I-III. Setiap tahun selalu mengalami perubahan untuk ketentuannya tergantung kebijakan Akpol dan Batalyon.

  10. JAKAM

    Seragam taruna Jaga Kamar (JAKAM) adalah seragam yang digunakan pada saat taruna berdinas sebagai jaga kamar. Jaga Kamar adalah seorang taruna yang berdinas sebagai penjaga barak (flat) agar flat bersih dan rapih.

    JAGA KAMAR

  11. JAMBI

    Seragam taruna Jaga Serambi (JAMBI) adalah seragam yang digunakan untuk taruna yang berdinas Jaga Serambi. Jaga serambi adalah seseorang/ kelompok yang berdinas untuk menjaga batalyon ketika taruna yang lain sedang melaksanakan istirahat malam.

    JAGA SERAMBI

  12. PIYAMA

    Piyama adalah seragam taruna yang digunakan oleh taruna ketika sedang melaksanakan istirahat malam.

    ynt_6006

  13. DC

    Gamtar Taruna yang digunakan pada saat tampil Drum Corps Cendrawasih Akademi kepolisian. Seragam taruna yang digunakan pada saat tampil Drum Corps ini berbeda beda setiap jenis instrumen musik yang dipakai. Gamtar masing masing instrumen berbeda beda diantaranya: Stick Master, Snare Merah, Snare DC, Quintom, Tenor, Bass Drum, Bellyra, Terompet, Melophone, Euphonium dan Contra Bass serta Color Guards.

Oleh Denny Hermawan Saputra

nothing Special

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s