Kategori
Tanpa kategori

7 Alasan Kenapa Harus Milih Akpol?

Hai semua, hari ini saya mau jelasin kenapa sih kalian harus milih Akpol. Jadi memang menjadi taruna di Akademi Kepolisian itu idaman semua anak muda di Indonesia. Banyak mereka yang bercita cita menjadi seorang polisi itu pasti sangat menginginkan menjadi polisi melalui jalur Akademi Kepolisian.

Menjadi polisi itu ada banyak jalur masuknya yaitu jalur pertama yaitu pendidikan tamtama Polri, jalur bintara Polri dan jalur perwira Polri. Pendidikan Polri jalur tamtama dilaksanakan selama 5 bulan pendidikan, pendidikan ini dilaksanakan oleh Polda/Polres masing masing daerah dengan tiap penerimaan secata berbeda-beda bergantung pada kebutuhan dari Poldanya itu sendiri. Kemudian untuk pangkat yang diterima setelah lulus dari pendidikan jalur tamtama adalah Bhayangkara dua (Bharada).

Jalur yang kedua adalah jalur pendidikan Bintara Polri biasa disebut Secaba adalah penerimaan anggota polri jalur bintara diselenggarakan oleh Polda masing-masing daerah dengan lama pendidikan selama 6 bulan. untuk tempatnya di SPN masing masing polda. kemudian untuk pangkat yang diterima adalah Brigadir Polisi Dua atau Bripda.

Jalur yang ketiga adalah jalur pendidikan Perwira Polri jalur pendidikan jalur ini terbagi menjadi 3 sumber yaitu

  1. Secapa adalah sekolah calon perwira Polri yang berasal dari Bintara Polri yang akan beralih golongan ke Perwira Polri. Mereka telah menempuh kepangkatan dari Tamtama-Bintara lalu ke perwira atau dari Bintara-perwira.

  2. SIPSS atau Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana adalah calon perwira Polri yang berasal dari mereka yang telah menempuh pendidikan setara S-1 di perguruan tinggi baik yang ada di Indonesia maupun diluar negeri. untuk jenis jurusan S-1 tidak semuanya boleh mendaftar SIPSS hanya jurusan-jurusan yang dibutuhkan untuk bidang kepolisian saja yang biasanya diterima. Setiap tahun kebutuhan lulusan Polri dari SIPSS mengalami perubahan bergantung pada ahli ilmu apa yang dibutuhkan Polri pada saat itu. Pendidikan ditempuh selama 6 Bulan dengan pangkat yang diterima apabila lulus adalah Inspektur Polisi Dua (IPDA).

  3. Akademi Kepolisian adalah sekolah perwira polri sumber SMA baik IPA maupun IPS, pendidikan di Akademi Kepolisian Jalur ini banyak sekali peminatnya dibandingkan dengan jalur polisi lainnya. Penerimaan jalur ini sangatlah ketat karena yang bersaing dari seluruh penjuru Indonesia sedangkan yang diterima setiap tahunnya hanya kurang lebih 250 taruna taruni. Lama pendidikannya selama 4 tahun dengan pangkat yang diterima apabila lulus nanti adalah Inspektur Polisi Dua (IPDA) sama seperti SIPSS.

Lalu kenapa harus Akademi Kepolisian?

ini menurut pendapat saya sebagai taruna Akademi Kepolisian:

  1. Kehidupan Terjamin

    kehidupan dan masa depan sudah pasti terjamin dibandingkan dengan kuliah di Universitas negeri dan swasta. kehidupan di Akademi Kepolisian sudah sangat terjamin bayangkan dari ujung kaki sampe ujung rambut semuanya disediakan oleh lembaga mulai dari Sandang, Pangan dan Papan sudah disediakan oleh lembaga termasuk uang saku perbulan Rp 380.000 ini di jaman saya ya mungkin bisa bertambah setiap tahunnya. Semuanya disediain bro, kalo anak kuliahan sih bilangnya lo tinggal bawa badan aja haha. Terus yang paling penting, kalo lo lulus dari sini udah otomatis keterima kerja beda kalo lo kuliah belum tentu lulus langsung kerja. Jadi silakan pikirin mateng mateng yo.

  2. Hanya ada 1 di Indonesia

    Pendidikan melalui akademi kepolisian ini hanya ada satu di Indonesia, ini jadi kebanggan tersendiri apabila kalian bisa masuk dan menyisihkan ribuan anak muda. Karena cuman satu jadi ya jadi rebutan banyak orang. karena susah jadi kebanggan tersendiri, pasti orang tua lo juga bangga banget klo lo masuk Akpol. Bahkan bukan cuman keluarga lo yang bangga tapi saudara lo, tetangga bahkan sekampung dan sekabupaten pun bangga.

  3. Hubungan Solid Senior-Junior

    Ini yang paling ngebedain hubungan senior-junior di Akademi sama di kuliahan. Hubungan ini udah ditanamkan dari tingkat satu waktu jadi taruna. Hubungan seangkatan saling bantu dan saling tolong menolong antara senior maupun junior. Jadi hidup lo nanti gakan kesusahan deh karena pasti banyak yang bantu kalo lo lagi ada masalah. Mau lo dinas dimana pun nantinya pasti ada senior yang bantuin. Percaya.

  4. Jalur Komando Polri

    Nah ini juga nih penting banget, secara umum lulusan Akpol itu ditempatkan di pucuk pucuk pimpinan Polri baik di Polsek, Polres, Polda maupun Polri itu sendiri bahkan di Instansi lain selain polri juga bisa contohnya di KPK, BNN, BNPT dan MENDAGRI juga ada. Banyak banget lulusan Akpol yang jadi pucuk pimpinan ini terbukti bahwa Akpol memang mencetak lulusan-lulusan perwira yang berkualitas. gua juga bingung waktu gua ke Polres, gua di panggil komandan sama polisi-polisi yang ada disana. padahalkan gua masih Tingkat 1 haha.

  5. Wewenang Polri

    Wewenang Polri itu banyak banget, bisa cari deh di Internet wewenang polri apa aja. dibagian Lalu lintas, Penyelidikan & Penyidikan, Patroli dll. bisa di search aja di Gugel cari UU no 2 tahun 2002 tentang Polri.

  6. Diprioritaskan Beasiswa ke Luar Negeri

    Nah ini jadi anak emas banget karena masih jarang lulusan Polri tuh sekolah diluar negeri. saat ini tahun 2021 masih dikit banget anggota polri yang kuliah di luar negeri. karena saking dikitnya sampe sampe Polri kerjasama sama Menkeu untuk LPDP. karena Polri pasti kerjanya untuk mengabdi kepada Negara jadi pasti di Prioritasin sih. Tapi tetep harus punya skill dan kualitas yang bagus biar bisa dapet LPDP.

  7. Idaman Mertua

    Ini sih katanya ya tapi gatau bener apa enggak soalnya sampe sekarang TK IV gua masih sendiri aja haha. Jadi gua belom bisa mastiin ehehe. Kalo gua liat Secara umum emang pasti orang tua mana yang gamau anaknya hidup terjamin kedepannya? pasti maulah apalagi lulusan Akpol itu perwira calon calon pimpinan Polri aseek. Kebanyakan orang tua pasti pengen jodohin anaknya sama perwira. nih gua bilang kebanyakan ya, brrti ada juga yang enggak haha.

Nah itu dia 7 alasan kenapa harus Akpol sebagai cita cita lo jadi Polisi. Itu sih opini gua ya jadi tetep balik lagi ke lo yang punya mimpi. Pilihan sekarang ada ditangan lo, lo mau sukses apa lo mau begini begini aja. Hidup itu pilihan, mumpung masih mudah buruan pilih dari sekarang sebelum lo tua nanti udah susah buat milih karena gada lagi pilihannya. Satu lagi yang harus gua tekenin ke lo, Sukses itu bisa dimana aja. Gamesti harus Akpol atau apapun, kuliah juga bisa sukses sih. Intinya adalah Lo mau ga ngerubah nasib lo jadi sukses? kalo lo mau ya lo berusaha, masalah diterima atau engga itu urusan yang diatas. kalo lo ga diterima inget Allah ga tidur, Dia tau mana orang yang udah berusaha keras. Pasti ada hikmah dibalik Kegagalan dan Kesuksesan. Keep Fighting!

“Tumhara result decide nahi karta hai ki tum loser ho ki nahi … tumhari koshish decide karti hai”
-Chhichhore

“Apapun hasil yang kalian peroleh bukan menentukan kalian akan disebut pecundang atau bukan, tetapi usaha yang kalian lakukanlah yang menentukan itu (disebut pecundang/bukan)”
-Chhichhore

Oleh Denny Hermawan Saputra

nothing Special

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s